Tak Punya Uang Untuk Ngontrak, Satu Keluarga Ini Setahun Tinggal Di Poskamling Dan Tidur Beralaskan Kardus


Via : tribunnews.com

PalingSeru – Selama setahun tinggal di poskamling berukuran 2 x 1,5 meter di Gang Barokah, Jalan Slamet Riyadi, Kecamatan Patrang, Kabupaten Jember. Sebuah keluarga yang terdiri dari bapak dan dua orang anak perempuannya terpaksa tinggal di poskamling karena tidak memiliki uang untuk mengontrak rumah.

M solehuddin (32) bersama anaknya tinggal di poskamling yang terbuat dari bambu dan beratapkan benner bekas. Hal itu dilakukan pria yang merupakan kepala keluarga karena tidak ada pilihan lain. sehari-hari ia juga harus berjuang demi bisa mencukupi kebutuhan.

“Iya, karena memang tidak punya tempat tinggal sendiri,” kata Soleh kepada Surya.co.id (Tribun Network) pada Selasa (5/10/2021).

“Uang untuk kontrak rumah tidak ada, terus poskamling ini tidak dipakai oleh warga, akhirnya saya pakai sama anak-anak,” sambung dia.

Soleh mengatakan ia tidak mengingat kapan persisnya ia mulai tinggal di poskamling. Ia hanya mengatakan mulai dari akhir tahun kemarin dan itu karena ada permasalahan dalam keluarganya. Karena tidak memiliki pilihan lain, ia terpaksa tinggal di sana.

Via : tribunnews.com

“Anak-anak ya mau tinggal di sini,” ujarnya.

Lantai poskamling yang terbuat dari bambu itu dialas dengan kardus dan karpet untuk mereka tidur. Sisi kanan dan kiri serta depan ditutup dengan menggunakan kain sebagai kelambu. Posisi poskamling itu menempel di rumah warga yang sebelumnya rumah yang berada di belakang poskamling disewa orang.

Tetangga yang memiliki rumah itu memberinya aliran listrik. Untuk memasak, ia menggunakan tungku di pekarangan depan poskamling. Sementara untuk mandi, ia dan anak-anaknya mandi di pemandian yang airnya dialirkan dari tempat usaha di dekatnya atau mandi di sungai.

“Kalau waktu hujan ya beli. Kadang anak-anak ya dikasih tetangga,” imbuhnya.


Like it? Share with your friends!