Indonesia Juara Piala Thomas, Tapi Bendera Indonesia Tak Bisa Berkibar Pada Upacara Pemberian Trofi, Netizen: Nyesek Banget!


via: sindonews.com

Palingseru.com – Sepertinya, tahun 2021 ini menjadi tahun spesial bagi Tanah Air yang baru saja genap 76 tahun pada 17 Agustus lalu.

Ya, di perayaan HUT Kemerdekaan RI ke-76 ini, Tanah Air mendapat banyak hadiah spesial dari generasi bangsa atas kemenangan di ajang olahraga Internasional.

Terbaru, pada Minggu (17/10/2021), Tim Thomas Indonesia mempersembahkan kemenangan untuk Indonesia, dengan secara sensasional merebut kembali titel Piala Thomas 2020 dari China, setelah 19 tahun lamanya tak pernah lagi menang.

Akan tetapi, kemenangan ini juga dibaluti rasa sedih. Pasalnya bendera Merah Putih tak berkibar disaat prosesi pemberian trofi dan pengalungan medali. Lambang PBSI selaku federasi yang membawahi tim Thomas Indonesia yang menjadi gantinya bendera kebanggan negara.

Momen ini sontak jadi perhatian dan sorotan tajam dari publik, termasuk khalayak warganet. Banyak yang menyayangkan kejadian itu, dan mengaku dibuat nyesek.

“Dis! Nyesek pdhl udah pasti indonesia bisa naik podium tpi bendera Indonesia gabisa di kibarkan. Yuk Kemenpora di tunggu tindakannya,” cuit @AREAJULID.

Penyebab Bendera Merah Putih Tidak Berkibar

Kejadian pahit dan ‘pertama’ kali dalam sejarah Thomas Cup ini dilatarbelakangi suatu persoalan serius.

Dilansir sports.sindonews.com, Indonesia mendapat sanksi dari World Anti Doping Agency (WADA), dimana Indonesia tidak bisa memenuhi test doping plan (TDP) tahun 2020 dan juga belum memenuhi TDP untuk tahun 2021, serta tak kunjung memberikan klarifikasi seperti apa yang dilakukan negara Thailand dan Korea Utara.

Akhirnya, pada 15 September lalu WADA mengirim surat pada Lembaga Anti-Doping Indonesia (LADI), terkait ketidakpatuhan program uji doping. Dan dampaknya, Indonesia tidak bisa mengibarkan bendera di berbagai kejuaraan, termasuk di Thomas Cup.


Like it? Share with your friends!