Mantan Kades di Serang ini Ditangkap Gara Gara Nikahi 2 Istri Muda Menggunakan Dana Desa


via: inews.id

Palingseru.com – Beginilah yang akan terjadi bila seseorang mencalonkan diri menjadi pejabat hanya untuk memperkaya diri. Mereka tak amanah dalam bertugas, dan pada akhirnya terjadi kasus-kasus yang merugikan negara dan rakyat.

Seperti kasus mantan Kepala Desa Kapandean periode 2012-2018 berinisial YS (43). Gara-gara nafsu duniawinya, dana desa sekitar Rp 500 juta lenyap digunakan untuk kepentingan pribadi, diantaranya sebagai biaya menikahi dua istri mudanya.

“Yang bersangkutan menggunakan uang korupsi untuk kepentingan pribadi dan penggandaan uang (sekitar Rp 150 juta),” ungkap Kabid Humas Polda Banten AKBP Shinto Silitonga.

Adapun modus operandi YS, jelas AKBP Shinto Silitonga, dengan memerintahkan bendahara desa untuk menarik dana yang ada di rekening desa. Dan selanjutnya, anggaran desa yang seharusnya disalurkan sesuai spesifikasi ini masuk ke kantong pribadi, sebagaimana dikutip dari iNews.id.

YS akhirnya ditangkap bersamaan oleh personel Satreskrim Polres Serang pada Sabtu (16/10/2021) malam sekira pukul 19.00 WIB di Kompleks Depag, Kelurahan Cipare, Kecamatan Kota Serang, bersamaan dengan barang bukti diantaranya dokumen Pencairan Dana Desa, print out Rekening Koran, dan dokumen Anggaran Pendapatan serta Belanja Desa (APBDes).

“Akibat perbuatannya, tersangka dijerat Pasal 2 ayat (1) juncto Pasal 3 juncto Pasal 18 Undang-undang RI Nomor 20 Tahun 2001 tentang Perubahan atas UU RI Nomor 31 Tahun 1999 tentang Pemberantasan Tindak Pidana Korupsi,” terang AKBP Shinto Silitonga.

AKBP Shinto Silitonga berharap baik jajarannya maupun polisi jajaran di seluruh provinsi Indonesia dapat terus melakukan pengungkapan kasus merugikan seperti ini.

“Mari kita jaga uang negara agar tidak digunakan oleh oknum tertentu guna kepentingan pribadi,” tandasnya.


Like it? Share with your friends!