Ditetapkan Sebagai Tersangka, 14 Warga yang Aniaya Pencuri hingga Tewas Dijerat Pasal Berlapis


via: kompas.com

Palingseru.com – Nasib akhir dari 14 orang warga Desa Sindangsari, Kecamatan Ciledug, Kabupaten Garut, Jawa Barat, yang telah menganiaya habis-habisan pelaku pencurian bernama Maman hingga meninggal dunia, Selasa (12/10/2021) lalu.

Saat itu, pelaku tertangkap hendak mencuri alat-alat pertanian di desa tersebut. Tetapi bukannya segera diserahkan ke perangkat desa atau pihak berwajib, para tersangka justru ingin ambil peran untuk menghukumi Maman.

Aksi main hakim sendiri yang dilakukan ke 14 pelaku ini berujung dengan tewasnya Maman.

Atas perbuatan keji mereka, para pelaku diamankan dan dijerat dengan pasal sesuai dengan peran masing-masing.

“Ada pasal pembunuhan berencana pasal 340 dengan ancaman hukuman seumur hidup, pasal 340 tentang pembunuhan ancaman hukuman 15 tahun, pasal 170 ayat 2 dengan ancaman hukuman 12 tahun dan pasal 351 ayat 3 dengan ancaman hukuman 7 tahun penjara,” jelas Kapolres Garut AKBP Wirdhanto Wicaksono, dikutip dari Kompas.com.

Adapun yang dijatuhi hukuman seumur hidup itu ialah tersangka S. Pasalnya, ia adalah orang yang paling bertanggungjawab atas kematian Maman. Ia nekat masuk ke dalam lubang kubur setelah mendapati Maman yang hendak dikubur para tersangka di kaki Gunung Cikuray itu masih hidup.

“Saat dilakukan penguburan, ternyata korban masih dalam keadaan hidup, kemudian ada pelaku dengan inisial S langsung masuk ke dalam lubang dan menghabisi Maman (menggunakan senjata tajam),” terang Kapolres.


Like it? Share with your friends!