Mau Permak Pelabuhan Di Indonesia Jadi Kelas Dunia, Dubai Siap Baka Uang Rp 106 T


Via : detikFinance

PalingSeru – Mengeluarkan dana investasi hingga mencapai US$ 7,5 miliar atau Rp 106,5 triliun (kurs Rp 14.200) untuk jangka panjang, Lembaga Pengelola Investasi (LPI) atau Indonesia Investment Authority (INA) bersama Dubai Ports World (DP World Dubai)  sepakat untuk mengembangkan pelabuhan laut Indonesia.

Kerja sama yang difasiltasi oleh Kedutaan Besar Republik Indonesia (KBRI) Abu Dhabi pada 31 Oktober 2021 di Paviliun Indonesia, Dubai Expo 2020 itu diharapkan bisa meningkatkan kualitas pengoperasian pelabuhan, mengurangi biaya logistik dan memajukan daya saing Indonesia.

“Sektor maritim dan pelabuhan Indonesia adalah kunci untuk mendukung perdagangan dan konsumsi di seluruh nusantara. Kerja sama dengan DP World ini akan memungkinkan kami untuk menyelesaikan masalah-masalah tinggi biaya logistik dan inefisiensi pelabuhan,” kata Ketua Dewan Direksi INA, Ridha Wirakusumah dalam keterangan tertulis dikutip detikcom, Senin (1/11/2021).

DP World sendiri nantinya akan membawa kelas dunia dalam pengembangan teraminal baru dan aset pelabuhan lainnya yang ada di Indonesia. Dengan adanya proyek ini, akan menciptakan efisiensi dan meningkatkan lalu lintas antar pulau maupun internasional.

DP World dan INA bekerja sama dengan PT Pelabuhan Indonesia (Persero) yang akan membentuk konsorsium dan tim kerja agar bisa menjajaki peluang investasi di berbagai pelabuhan Indonesia.

Berbagai peluang investasi yang termasuk terkait hinterland, terminal domestik, lapangan kargo, sistem jaringan, transportasi menuju dan dari pelabuhan, hingga zona industri. Selain itu, DP World juga melakukan investasi bersama Caisse de dépôt et placement du Québec (CDPQ) yang sejak 2016.

Saat ini, Indonesia sudah berada di antara 15 negara teratas tentang lalu lintas peti kemas dan diperkirakan akan terus meningkat karena tingkat konsumsi serta produksi dalam negeri terus melonjak.

“Kami yakin DP World dapat bekerja sama dengan baik untuk menciptakan jaringan logistik laut yang mumpuni serta memberikan nilai tambah bagi investor, dunia usaha, dan karyawan perusahaan,” katanya.


Like it? Share with your friends!