3 Warga Sleman Ini Malah ‘Diseret’ Ke Pengadilan Gara Gara Sedekah Rp1.000 Ke Manusia Silver


Via : INDOZONE.ID

PalingSeru – Warga Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY)  kini harus lebih berhati-hati saat ingin meberikan uang kepada manusia silver yang mengemis di jalanan.

Tiga orang warga Sleman yakni W dan M, warga Kecamatan Kalasan, serta S warga Kecamatan Prambanan dianggap melanggar hukum karena memberi uang Rp. 1000 kepada manusia silver di pinggir jalan.

Saat itu, manusia- manusia silver itu sedang berada di pinggir jalan di persimpangan Jalan Raya Solo-Yogyakarta, Maguwoharjo, Depok, Sleman pada Rabu siang (24/11/2021).

Via : INDOZONE.ID

Kabid Penegakan Perundang-undangan Satpol PP DIY, Nur Hidayat mengatakan bahwa saat itu mereka bertugas disidang di Pengadilan Negeri Sleman dua hari setelahnya, yakni pada Jumat (26/11/2021).

Dalam persidangan, hakim menjatuhkan sanksi denda masing-masing Rp50 ribu kepada mereka. Mereka dianggap melanggar Pasal 22 ayat 1 Perda Nomor 1 tahun 2014 tentang Penanganan Gelandangan dan Pengemis.

Via : INDOZONE.ID

“Yang mereka lakukan itu termasuk tindak pidana ringan,” jelas Hidayat kepada wartawan.

Dari pasar tersebut, dikatakan siapapun yang melanggar akan dikenai sanksi berupa hukuman pidana kurangan paling lama 10 hari atau denda paling banyak Rp1 juta.

“Hukuman ini sekaligus menjadi peringatan kepada masyarakat supaya tidak sembarangan memberi uang (ke pengemis atau gelandangan,” jelas Hidayat.


Like it? Share with your friends!