Media Vietnam Sebut Timnas Indonesia Semifinalis Piala AFF 2020 Terburuk, Apa Alasannya?


Timnas Indonesia menjadi juara Grup B Piala AFF 2020 setelah mengalahkan Malaysia dengan skor telak 4-1.
Timnas Indonesia menjadi juara Grup B Piala AFF 2020 setelah mengalahkan Malaysia dengan skor telak 4-1.

MEDIA Vietnam, Soha.vn, menyebut Tim Nasional (Timnas) Indonesia sebagai semifinalis Piala AFF 2020 terburuk. Penilaian itu berdasarkan jumlah pelanggaran dan kartu yang diterima skuad Garuda –julukan Timnas Indonesia– di Piala AFF 2020.

Akun Instagram @theaseanfootball mengunggah statistik jumlah pelanggaran kartu kuning yang diterima 10 kontestan Piala AFF 2020. Dari 10 negara, Timor Leste merupakan yang paling minim membuat pelanggaran.

Timnas Indonesia

Negara yang pernah masuk ke dalam bagian Negara Kesatuan Republik Indonesia itu hanya mencatatkan 36 pelanggaran. Namun, jika ukurannya tim yang paling minim mendapatkan kartu, Timor Leste bukan yang terbaik.

Kamboja jadi yang paling sedikit menerima hukuman, yakni hanya mendapatkan dua kartu kuning. Lantas, bagaimana dengan statistik semifinalis Piala AFF 2020 yang berisikan Timnas Indonesia, Vietnam, Thailand dan Singapura?

Vietnam yang paling sedikit membuat pelanggaran. Dari empat pertandingan di Grup B Piala AFF 2020, skuad asuhan Park Hang-seo hanya membuat 48 pelanggaran.

Sementara itu, Thailand dan Singapura yang tergabung di Grup A, kompak membuat 51 pelanggaran. Bagaimana dengan Timnas Indonesia?

Skuad asuhan Shin Tae-yong menjadi yang terburuk dengan mencatatkan 58 pelanggaran. Untuk jumlah kartu kuning, Vietnam juga yang paling minim ketimbang kontestan semifinalis Piala AFF 2020.

Que Ngoc Hai dan kawan-kawan hanya mencatatkan tiga kartu kuning. Sementara itu, Thailand mendapatkan lima kartu kuning dan Singapura menerima enam kartu peringatan.

Timnas Indonesia lagi-lagi menjadi yang terburuk. Skuad asuhan Shin Tae-yong menerima Sembilan kartu kuning! Karena itu, saat hadir di konferensi pers sebelum laga Timnas Indonesia vs Singapura di leg I semifinal Piala AFF 2020, Shin Tae-yong memperingatkan para pemainnya untuk menghindari menerima kartu.

“Meski gagal menjadi pemuncak, Vietnam layak berbangga karena menempati posisi terbagus di indeks fair play. Sementara itu, Timnas Indonesia dianggap sebagai tim terburuk di Piala AFF 2020 karena membuat 58 pelanggaran dan sembilan kartu kuning. Rata-rata, Timnas Indonesia membuat 14,5 pelanggaran dan menerima 2,25 kartu kuning per pertandingan,” tulis Soha.vn.


Like it? Share with your friends!