Walaupun Sulit, Shin Tae-yong Optimis Timnas Indonesia Bisa Menang 5-0 atas Thailand di Leg II


Egy Maulana Vikri sudah dua kali main di Piala AFF 2020. (AP/Suhaimi Abdullah)
Egy Maulana Vikri sudah dua kali main di Piala AFF 2020. (AP/Suhaimi Abdullah)

Tim Nasional (Timnas) Indonesia membutuhkan kemenangan dengan selisih lima gol atas Thailand di leg kedua semifinal Piala AFF 2020 jika mau menjadi juara di kompetisi tersebut. Pelatih Timnas Indonesia, Shin Tae-yong percaya skuad Garuda bisa melakukannya karena ia merasa bola itu bundar dan hal apa pun dapat terjadi di cabang olahraga tersebut.

Ya, Timnas Indonesia setidaknya membutuhkan kemenangan 5-0 atas Thailand karena skuad Garuda babak belur 0-4 di leg pertama final Piala AFF 2020 pada Rabu 29 Desember 2021 malam WIB. Dengan hasil itulah langkah pasukan Shin Tae-yong di leg kedua yang digelar pada Sabtu 1 Januari 2022 menjadi sangat berat.

Bermain di National Stadium, Singapura, Tim Merah-Putih tampil sangat buruk sepanjang pertandingan leg pertama kontra Thailand. Bahkan, Timnas Indonesia sudah kebobolan pada menit kedua setelah Chanatip Songkrasin merobek gawang yang dijaga Nadeo Argawinata dengan tendangan kerasnya.

Memasuki babak kedua, keadaan semakin buruk bagi Pasukan Garuda. Mereka hanya bisa sesekali melancarkan serangan balik karena Thailand sangat mendominasi pertandingan.

Hasilnya, Negeri Gajah Putih sukses menyarangkan tiga gol tambahan pada 45 menit kedua. Chanatip menorehkan gol keduanya pada menit 52, diikuti oleh Supachok Sarachat (67’) dan Bordin Phala (83’).

Kalah empat gol tanpa balas, Evan Dimas dkk punya tugas berat pada leg kedua nanti. Akan tetapi, Shin masih optimis timnya bisa mendapatkan hasil yang baik walaupun peluangnya kecil. Menurutnya, hal itu tidaklah mustahil karena semua bisa terjadi di dunia sepakbola.

“Memang kalau melihat pertandingan ini terlihat tidak mungkin, tetapi bola itu bundar. Jika kita bekerja keras hingga akhir, kita akan mendapatkan hasil yang baik,” kata Shin dalam konferensi pers virtual pasca pertandingan, Kamis (30/12/2021).

Kenyataannya, Indonesia memang masih memiliki peluang untuk menjadi juara Piala AFF 2020. Namun, mereka wajib menang dengan minimal selisih lima gol pada leg kedua nanti agar otomatis keluar sebagai juara.

Timnas Indonesia vs Thailand (PSSI)

Atau paling tidak, Tim Merah-Putih bisa meraih kemenagann dengan selisih empat gol agar pertandingan bisa dilanjutkan ke babak perpanjangan waktu atau babak adu penalti. Jika kedua kemungkinan itu tak terjadi, maka Indonesia mencatatkan kekalahan keenam mereka di partai final Piala AFF.

Lantas sanggupkah Timnas Indonesia melakukannya? Tentunya dukungan dan doa diperlukan skuad Garuda dari masyarakat Indonesia agar bisa tampil lebih baik di leg kedua yang digelar pada Sabtu 1 Januari 2022 mendatang.


Like it? Share with your friends!