Viral! Ghozali Raup Cuan Miliaran Rupiah Jual NFT dari Foto Selfie, Begini Cara Kerjanya


Foto Selfie Ghozali. (Foto: Okezone.com/Twitter)
Foto Selfie Ghozali. (Foto: Okezone.com/Twitter)

Nama Ghozali Ghozalu menjadi viral karena kebiasannya melakukan foto selfie. Anehnya foto Ghozali dijual dengan harga puluhan juta.

Ghozali mengunggah fotonya di marketplace Non Fungible Token (NFT) di salah satu marketplace NFT, OpenSea.

Mengutip Twitter Eka B. Panuntun, NFT merupakan Non-Fungible Token. Ini merupakan token unik yang terkait dengan manfaat digital (kadang fisik) yang menunjukkan bukti kepemilikan.

“Non-fungible artinya unik dan gak bisa dituker sama sesuatu yang lain, karena punya karakteristiknya sendiri. Misal, kamu gak bisa tuh nukerin lukisan Mona Lisa sama KW-nya, karena ya cuma ada satu lukisan Mona Lisa yang autentik di dunia,” ujarnya, dikutip dari Twitter @EkaBagus, Kamis (13/1/2022),

Kemudian Fungible, berarti menukarkan sesuatu dengan sesuatu. Maksudnya, pengunggah bisa mendapat hasil yang sama persis.

Misalnya, punya selembar uang Rp50 ribu lecek, kemudian melihat orang lain punya uang Rp50 ribu baru.

“Kalian pengen tuh tukerin duit kalian, nilainya kan tetep sama Rp50 ribu,” ujarnya.

“Jadi, NFT itu adalah aset digital yang berisi ciri-ciri unik yang dikodekan dan disimpan di blockchain dalam bentuk kontrak (smart contracts), dan memberikan manfaat buat pemiliknya. Biasa kita sebut NFT Collector,” ujarnya.

Hal inilah yang dilakukan Ghozali sehingga harga foto selfienya bikin geleng kepala.

“Ghozali adalah pemuda dengan mimpi sederhana, konsisten dengan caranya & tiba-tiba semesta menjawab doanya,” ujarnya.

Adapun foto yang diunggah Ghozali dihargai USD3 atau sekitar 42 ribu rupiah. Bahkan akun NFT miliknya mencapai 1 Ether pada setiap fluktuasi puncaknya.

Foto selfie Ghozali juga ada yang laku Rp14 juta hingga Rp31 juta. Dengan total 933 koleksi, maka bisnis NFT milik Ghozali bernilai hampir Rp 12,6 miliar.


Like it? Share with your friends!