Viral Lansia Diteriaki Maling dan Dipukuli hingga Tewas, Ternyata Tak Bersalah


Sebuah video viral menunjukkan aksi pengejaran minibus di Jalan Pulo Kambing, Pulogadung, Jakarta Timur, pada Minggu (23/1). Terlihat kendaraan tersebut melaju dengan cepat hingga diteriaki maling.
Sebuah video viral menunjukkan aksi pengejaran minibus di Jalan Pulo Kambing, Pulogadung, Jakarta Timur, pada Minggu (23/1). Terlihat kendaraan tersebut melaju dengan cepat hingga diteriaki maling.

Sebuah video viral menunjukkan aksi pengejaran minibus di Jalan Pulo Kambing, Pulogadung, Jakarta Timur, pada Minggu (23/1). Terlihat kendaraan tersebut melaju dengan cepat hingga diteriaki maling.Iklan – Artikel dilanjutkan di bawah

Dalam unggahan video di akun Instagram @jurnalisupdate, sejumlah warga turut meneriaki. Tampak juga sejumlah warga dan mobil polisi ikut mengejar. Tak berapa lama, minibus akhirnya berhenti dan pengendara seorang lansia. Nahas, lansia itu dikeroyok hingga tewas.

“Maling An****, woy berenti maling. Ini mobil maling,” teriak sang perekam di dalam video viral itu.

Dikejar dari Wilayah Tebet Jaksel hingga Cakung Jakarta Selatan

ara pengejar terus berteriak, hingga beberapa pemotor mencoba menghentikan laju minibus dengan memukulkan helm ke arah kaca minibus tersebut. Berdasarkan keterangan, pengemudi  diduga mencuri kendaraan yang dikemudikan karena melaju dengan cepat.

Sebelumnya, minibus itu telah dikejar dari wilayah Tebet, Jakarta Selatan hingga berhenti di wilayah Cakung-Cilincing, Pulogadung, Jakarta Timur. Pengemudi terus memacu kecepatannya, karena takut dihajar massa yang semakin beringas.

Pengemudi Seorang Lansia Berusia 80 Tahun

Dari hasil pemeriksaan kepolisian, korban yang tewas merupakan seorang lansia berusia 80 tahun berinisial HM. HM merupakan pemilik sah kendaraan tersebut.

Dikonfirmasi Kasat Reskrim Polres Metro Jakarta Timur, AKBP Ahsanul Muqaffi, HM merupakan korban massa salah sasaran karena ia memiliki surat-surat kepemilikan kendaraan secara sah dan bukan mencuri.

“Ternyata karena ngebut dia diteriaki (maling) jadi timbul massa. Saat kami cek identitasnya punya dia, enggak ada pencurian, itu salah,” tegas Ahsanul.

Dikabarkan Sempat Menyerempet Motor

Sempat beredar kabar bahwa HM sempat menyerempet kendaraan bermotor di kawasan Tebet, dan sempat dihentikan oleh pemotor lain yang melihatnya. Namun, HM terus melajukan kendaraannya, hingga memicu emosi warga dan meneriakinya maling agar berhenti.

Ahsanul juga menegaskan, pihaknya belum bisa memastikan kabar kecelakaan tersebut dan masih mendalami kasus secara menyeluruh.

“Kami lidik, karena korban sudah meninggal jadi kami tanya dari saksi,” jelasnya.

Polisi Buru Provokator

Berdasarkan update terbaru, pihak kepolisian kini masih menyelidiki kasus tersebut dengah memburu provokator yang meneriaki HM dengan sebutan maling. Para saksi yang terlibat juga akan dimintai keterangan terkait kecocokan informasi.


Like it? Share with your friends!