Di Filipina Penentuan Walikota Dilakukan Lewat Lempar Koin


Penentuan Walikota

Apa yang akan dilakukan jika ada dua walikota dalam pemilu mendapatkan suara yang jumlahnya sama jika di Indonesia bisa saja dilakukan pemilihan ulang namun di Filipina tidak penentuan walikota dilakukan dengan lempar koin.

Sepertinya Indonesia harus mengikuti cara Komisi pemilihan umum Filipina dalam memecahkan masalah konflik dalam pemilu kada ketika ada dua calon walikota dalam sebuah pemilu mendapatkan suara yang sama banyaknya.

Ketika dua calon walikota di Filipina mendapatkan dua suara yang sama banyak Komisi pemilihan Umum disana memecahkan masalah ini dengan cara yang sederhan. Penentuan siapa calon walikota  yang berhak menjadi walikota dintentukan nasibnya dengan cara melempar koin sebanyak 5 kali.

Marvic Feraren dan Boyet Py mendapatkan suara sama, 3.236. Keduanya bersaing memperebutkan kursi wali kota di San Teodoro. Setelah melakukan lempar koin 5 kali hasilnya Feraren akhirnya tampil sebagai pemenang setelah pada tie-break kedua mendapat dua sisi kepala, sementara Py hanya satu.

AD: Hotel murah di Indonesia mulai dari Rp 99rb, Pesan di RedDoorz Install Aplikasinya Sekarang!

baca juga: 5 Wali Kota Terbaik di Dunia Versi Worldmayor

More From: Aneh Unik