Dulunya Penguin Bisa Terbang Seperti Burung?


Penguin Bisa TerbangPalingseru.com – Penguin merupakan hewan yang masuk dalam kelas burung namun anehnya kenapa Penguin tidak bisa terbang seperti burung.

Penguin hewan yang hidup di kutub ini memang memiliki sayap namun sayap mereka tidak bisa digunakan untuk terbang melainkan sangat baik digunakan ketika menyelam di dalam air ketika mencari mangsa.

Nah timbul dugaan jika pingwin kehilangan kemampuan tebangnya pada jutaan tahun lalu karena sayap Penguin sengaja digunakan untuk berenang dibandingkan untuk terbang.

“Setelah penguin ‘menyerah’ untuk terbang, perubahan struktur sayap dan ukuran tubuh secara keseluruhan dan bentuk mungkin berubah dengan cepat,” kata peneliti University of Missouri-St Louis, Robert Ricklefs. Ia mengatakan, dengan perubahan sayap dan ukuran tubuh ini, sehingga penguin tidak dapat terbang.

Lebih lanjut ia menjelaskan, penguin jauh lebih berisiko untuk diterkam mangsa di air ketimbang di darat. “Sehingga ada seleksi kuat untuk membuat kemampuan berenang dan menyelam penguin seefisien mungkin,” tambahnya.

Ada alasan lain kenapa Penguin lebih memilih untuk berenang dibandingkan terbang kemungkinan mereka lebih mudah untuk mendapatkan makanan dengan menyelam di air daripada terbang.

Mungkinkah Penguin bisa terbang lagi suatu saat nati?

baca juga: 9 Jenis Burung Yang Tidak Bisa Terbang


Like it? Share with your friends!