Kurang Tidur Bisa Bikin Rasa Khawatir dan Cemas


Kurang tidurPalingseru.com – Rasa cemas dan khawatir yang terjadi dalam diri kita ternyata juga bisa disebabkan karena kita kurang cukup tidur.

Rasa cemas dan khawatir merupakan hal yang umum terjadi dalam tubuh kita namun tahukah kamu ternyata orang yang kurang tidur lebih mudah cemas dan khawatir, hal ini berdasarkan sebuah penelitian yang dilakukan oleh khawatir dan cemas.

Peneliti dari iversity of California, Berkeley menemukan bahwa orang orang yang kurang tidur maka bagian otak  amygdala dan wilayah otak insular cortex akan meningkat. Meningkatnya aktivitas itu kemudian memicu timbulnya rasa cemas dan khawatir secara alami.

“Selama ini sangat sulit untuk menemukan apakah kurang tidur merupakan akibat dari rasa cemas, atau kurang tidur justru bisa menyebabkan munculnya rasa cemas. Namun penelitian ini membantu kami menemukan kaitan sebab akibatnya dengan lebih jelas,” ungkap peneliti Andrea Goldstein, seperti dilansir oleh Huffington Post (27/06).

Penelitian ini melibatkan 18 orang dewasa yang disuruh cukup tidur dan kurang tidur selama pengamatan mereka juga dilakukan pemindaiyan otak dan tes emosi. Peneliti menemukan bahwa partisipan yang tak cukup tidur memiliki aktivitas yang lebih tinggi pada bagian amygdala dibandingkan dengan partisipan yang cukup tidur.

More From: Sehat