5 Hal Tentang Rasa Marah


marah

Palingseru.com – Rasa marah menjadi suatu perasaan yang dominan secara perilaku, kognitif maupun fisiologi sewaktu seseorang membuat pilihan sadar untuk mengambil tindakan untuk menghentikan secara langsung ancaman dari pihak luar. Rasa marah biasa timbul karena emosi seseorang yang mengakibatkan meningkatnya denyut jantung, tekanan darah, serta tingkat adrenalin dan noadrenalin.

Para ahli psikologi modern memandang kemarahan sebagai suatu emosi primer, alami, dan matang yang dialami oleh semua manusia pada suatu waktu, dan merupakan sesuatu yang memiliki nilai fungsional untuk kelangsungan hidup. Kemarahan dapat memobilisasi kemampuan psikologis untuk tindakan korektif. Namun, kemarahan yang tak terkendali dapat berdampak negatif terhadap kualitas hidup  pribadi dan sosial. Tahukah kamu bebrapa hal lain mengenai rasa marah , berikut ini lima hal yang menyangkut tentang rasa marah :

1. Tidak Semua Kemarahan Itu Buruk

Banyak orang menilai kemarahan itu adalah sifat keras yang timbul pada seseorang , namun tidak semua kemarahan itu buruk kemarahan bisa juga di jadikan hal yang positif ketika seseorang marah untuk membuat orang lain sadar dengan sikapnya yang salah . Contohnya jika seorang ibu memarahi anaknya ketika anaknya terlibat kasus berbahaya seperti ugal – ugalan di jalan raya , nah pasti sang ibu tidak mau terjadi hal yang buruk terhadap anaknya , selain itu  jika ibu tidak memperhatikan kelakuan anak nya situasi ini  akan berdampak buruk bagi kehidupan anaknya.

2. Kemarahan Bisa Menjadi Penyatu Hubungan

Kemarahan juga bisa menjadi penyatu hubungan seseorang ketika kita merasa tersakiti pasti timbul respon marah terhadap pasangan kita  , dengan sikap marah ini pasti dia akan  mengetahui alasan kenapa kita  marah , selain itu dia  akan segera menyadari dan ingin segera dapat memperjelas alasan dan bagaimana cara  menyelesaikannya.

3. Memendam Amarah = Membohongi Diri Sendiri

Seringkah kita merasakan hal seperti ini ,Ketika kita sedang mengalami masalah dengan orang terdekat kita ,  pastilah dengan tidak segera kita menceritakan masalah yang sebenarnya terjadi kapada mereka ,kita biasanya menutupi kesalahan tersebut dibalik senyuman kita , dari senyuman itu sebenarnya kita hanya membohongi diri sendiri.

4. Memicu Emosi Negatif  Lainya

Menekan amarah sebenarnya  hanya akan memberi ruang untuk emosi negatif lainya, mengapa dikatakan demikian , karena menekan amarah hanya memunculkan emosi negatif lain seperti kesedihan .

5. Melepas Amarah Memberi Ruang Untuk Cinta

Seringkali kita merasakan bahwa setelah mengeluarkan amarah dan unek-unek yang mengganjal, kita lebih mudah berkompromi dan memberi ruang untuk emosi lain yang lebih positif . Kita akan merasa lega dengan semua masalah yang baru saja terjadi , namun melepas amarah bukan bearti kita boleh marah dengan meledak-ledak atau dengan merusak benda-benda di sekitar kita. Namun melepas amarah dengan cara yang sehat yang dapat memberi nilai positif untuk orang disekitar kita.

 

More From: Gaya Hidup