Berbagai Macam Penyakit yang Dapat Disembuhkan Dengan Buah Nanas


buah nanas

Palingseru.com – Selain bermanfaat sebagai bahan makanan, buah nanas juga sering dimanfaatkan sebagai bahan pengobatan alternatif serta perawatan kecantikan. Hal ini karena nanas mengandung banyak zat gizi dan senyawa yang dibutuhkan tubuh.. Buah nanas ini mempunyai banyak kandungan seperti  vitamin A dan C sebagai antioksidan. Juga mengandung kalsium, fosfor, magnesium, besi, natrium, kalium, dekstrosa, sukrosa, dan enzim bromelain.

Buah yang mempunyai banyak khasiat ini sangat ampuh untuk menyembuhkan berbagai macam penyakit. Berikut ini berbagai macam penyakit yang dapat di sembuhkan dengan buah nanas :

1. Mengobati Cacingan , Radang Tenggorokan dan Beri – Beri

Sari dari buah nanas ini sangat baik dikonsumsi bagi penderi yang sedang mengalami penyakit seperti cacingan, radang tenggorokan, Beri-beri, menurunkan berat badan, masalah pencernaan.

2. Mengobati Luka Bakar, Gatal Dan Bisul

Daun nanas berfungsi untuk mengobati luka bakar, gatal dan bisul cara menggunakannya yaitu cuci bersih daun nanas , ditumbuk halus kemudian balurkan pada bagian yang sakit

3. Mengobati Ketombe

Ketombe merupakan salah satu penyakit pada kulit kepala. Buah nanas juga dapat mengobati ketombe  yaitu dengan menyeediakan 1/4 buah nanas masak. Kupas kulitnya, lalu parut, peras, dan saring. Tambahkan air perasan 1 buah jeruk nipis dan aduk sampai rata. Gunakan ramuan ini untuk menggosok kulit kepala yang berketombe. Lakukan malam sebelum tidur. Keesokan paginya rambut dikeramas. Lakukan 2-3 kali dalam seminggu.

4.  Mengobati Peradangan Kulit

Selain banyakmanfaat buah nanas ini juga dapat menyembuhkan peradangan kulit yaitu dengan cara menyediakan 1/2 buah nanas yang telah masak. Kupas kulitnya, lalu parut. Hasil parutannya dipakai untuk menggosok kulit yang bersisik dan mengelupas. Lakukan sekali sehari, malam sebelum tidur. Keesokan paginya baru dicuci bersih. Lakukan setiap hari.

5. Mengatasi Sembelit

Kandungan serat dan vitamin C pada nanas dapat membantu sembelit dan menghambat penyerapan lemak untuk kemudian dibuang keluar tubuh. Minumlah  air perasan dari 3 buah nanas, namun pilihlah buah yang belum matang benar dan agak sedikit asam.Air perasan ini dapat mengatasi sembelit.

Meski memiliki banyak manfaat untuk kesehatan, tetapi tidak boleh berlebihan dalam mengkonsumsi nanas. Karena nanas mengandung asam oskalat yang tinggi yang jika dikonsumsi berlebihan dapat memicu pembentukan batu ginjal. Selain itu, kandungan gulanya yang tinggi bisa berbahaya jika dikonsumsi  berlebihan.

More From: Sehat