Hati – Hati Dengan 5 Makanan Yang Bisa Bikin Diare


diare

Palingseru.com – Diare adalah kondisi dimana terjadi frekuensi defakasi yang tidak biasa. Penyakit yang cukup menyiksa ini menyebabkan rasa lemas dan membuat kita harus bolak balik ke kamar mandi . Untuk menghindarinya kamu harus memperhatikan makanan yang kamu makan.

Berikut ini beberapa makanan yang dapat menimbulkan diare :

1. Susu

Selain bergizi penting untuk kesehatan , susu juga dapat menimbulkan penyakit. Susu yang dimaksud di sini adalah produk susu kemasan yang mengandung zat gula yang disebut laktosa. Laktosa ini sulit dipecah atau dicerna oleh organ pencernaan  sehingga sistemnya akan terganggu. Hal itulah yang membuat kamu  mengalami diare.

2. Cabe

Cabai dapat menyebabkan diare setelah dikonsumsi selama beberapa jam. Hal ini terjadi karena di dalam cabai terdapat substansi bernama ‘capsaisin’  yang dapat memicu terjadinya diare. Selain itu, bagi beberapa orang, biji dan kulit cabai juga sulit untuk dicerna.

3. Kafein

Minuman yang mengandung kafein seperti kopi, teh dan soda dapat mengakibatkan diare, karena dapat mempercepat proses metabolisme tubuh , termasuk proses pencernaan. Beberapa orang memiliki organ pencernaan yang sensitif sehingga mudah terkena diare jika mengonsumsi kafein terlalu banyak.

4. Olestra

Olestra adalah lemak buatan yang digunakan untuk mengganti lemak pada makanan-makanan yang diberi label ‘rendah lemak’ atau ‘bebas lemak’. Lemak buatan ini ternyata tidak dapat diserap sama sekali oleh organ pencernaan. Itulah yang menyebabkan kamu terkena diare setelah memakannya.

5. Gula Buatan

Gula buatan atau pemanis buatan dapat menyebabkan diare , pemanis tersebut tidak dapat diserap dengan baik oleh usus besar sehingga menghasilkan gas. Selain itu, bakteri di dalam usus besar yang memakannya membuat gas tersebut semakin banyak.

Selain harus berhati – hati dengan makanan kamu juga harus menjaga kebersihan. Agar terhindar dari penyakit diare.

More From: Sehat