Softlens Berwarna Dan Bergambar Bisa Merusak Mata


softlens
Palingseru.com – Ingin  merubah gaya penampilan menjadi lebih keren boleh saja , namun harus mengetahui bahaya yang berdampak buruk bagi kesehatan.
Softlens atau lensa kontak adalah salah satu alat kedokteran yang bertujuan sebagai pengganti kacamata bagi penderita yang memiliki penglihatan kurang. Softlens terbuat dari plastik yang mengandung air.
Dewasa ini softlens banyak digunakan untuk menambah penampilan gaya penampilan dan kecantikan. Harganya yang murah, tidak perlu resep dokter, mudah memakainya dan praktis, membuat penampilan lebih cantik, tidak heran jika softlens banyak diburu, terutama wanita muda. Lihat saja, makin banyak softlens warna dijual, makin banyak softlens bergambar bintang, kartun dan sebagainya.
Pemakainya tidak hanya mereka yang punya masalah minus atau silinder, karena berbagai softlens warna dan bergambar dapat digunakan semua orang. Walau keren, ternyata ada bahaya besar di balik lensa kontak berwarna dan bergambar.
Dilansir oleh Huffingtonpost.com, American Academy of Ophthalmology memperingatkan konsumen bahwa softlens bisa menyebabkan kerusakan serius pada mata. “Apa yang terjadi pada mata orang-orang hanya satu malam setelah pemakaian lensa kontak, atau setelah memakai lensa kontak warna/bergambar tanpa resep dokter,” ujar Dr. Thomas Steinemann, juru bicara American Academy of Ophthalmology.
Jika sampai terjadi kerusakan yang parah, pada banyak kasus mereka harus menjalani transplantasi kornea mata dan operasi. Dengan demikian, kebutaan mata akibat penggunaan softlens warna dan bergambar dapat dicegah. Yang paling parah, kerusakan ini dapat terjadi dengan waktu yang sangat cepat setelah pemakaian softlens.

More From: Cantik