5 Cara Mencegah Timbulnya Komedo


komedo

Palingseru.com – Komedo adalah salah satu hal yang mengganggu penampilan kulit wajah, tumpukkan lemak yang mengeras di kulit karena kelebihan minyak yang kemudian terperangkap di pori-pori. Wajah menjadi timbul bintik – bintik putih atau hitam. Untuk mencegah timbulnya komedo,berikut ini beberapa tips untuk mencegah timbulnya komedo :

1. Rajin Bersihkan Wajah

Membersihkan wajah adalah salah satu cara untuk mencegah timbulnya komedo, rajin membersihkan wajah dapat menghindari wajah dari kotoran, debu dan make-up ketika malam hari. Cucilah wajah minimal dua kali sehari, tapi jangan terlalu sering karena sebum atau minyak alami di kulit bisa hilang yang membuat wajah jadi kering dan malah jadi berjerawat.

2. Handuk Hangat

Menggunakan handuk dapat membantu menghilangkan perih saat mengelupaskan komedo. Selain itu, handuk panas juga mengurangi adanya infeksi akibat pengangkatan komedo, misalnya menggunakan facial strip atau scrub.

3. Scrub

Scrup dapat membantu mencegah timbulnya komedo sebab scrub bekerja untuk menghilangkan sel kulit mati dan menumbuhkan sel kulit yang baru. Sel kulit mati dapat memperburuk keadaan komedo jika tidak segera diangkat.

4. Krim Komedo atau Penghilang Jerawat

Saat ini banyak produk krim komedo atau penghilang jerawat yang mengandung benzoil peroksida. Benzoil peroksida adalah bahan yang baik untuk membunuh bakteri, menyerap minyak, serta cepat menghilangkan komedo dan jerawat.

5. Masker Wajah

Masker adalah salah satu cara untuk mencegah timbulnya komedo, misalnya dengan masker dari kulit jeruk yang sudah diblender atau masker baking soda yang telah dicampur dengan air. Letakan masker tersebut di daerah yang berkomedo dan diamkans selama 10 menit.

Menjaga dan merawat penampilan adalah salah satu untuk tetap tampil lebih cantik dan percaya diri.

More From: Cantik