Makanan Yang Harus Dihindari Saat Sedang Flu


flu

Palingseru.com – Pilek merupakan gejala yang timbul akibat flu. Flu atau influenza disebabkan oleh virus yang menyerang sistem pernapasan. Virus masuk ke dalam tubuh makhluk hidup kemudian menggunakannya sebagai tempat untuk berkembang biak. Virus ditularkan ke orang lain melalui butiran cairan dari air liur atau lendir yang dikeluarkan saat seseorang batuk, bersin, atau berbicara. Virus segera menyebar bersamaan dengan cairan yang dikeluarkan. Udara menjadi media penyebaran virus dan jika kamu menghirup udara tersebut dengan kondisi tubuh yang tidak fit dapat membuat kamu terjangkit flu.

Selain itu ,saat flu menyerang kamu juga harus menghindari makanan – makanan yang tidak boleh di makan saat sedang flu. Apa saja jenis makanan tersebut. Berikut ini beberapa makanan yang harus di hindari saat sedang flu :

1. Gorengan

Saat sedang flu hindari makan makanan yang di goreng karena tidak hanya memperlambat proses pencernaan, makanan yang digoreng juga bisa memperlambat kemampuan tubuh untuk mengeluarkan virus penyebab flu dari dalam tubuh.

2. Makanan Manis

Makanan manis yang banyak mengandung gula seperti cake, permen dan kue justru bisa mencegah tubuh mengatasi hidung tersumbat yang merupakan keluhan umum saat flu. Gula membuat lendir dapat bertahan lama di saluran pernapasan karena lingkungannya yang hangat dan lembab, sehingga menyediakan tempat yang nyaman bagi virus.

3. Produk Susu

Saat flu menyerang sebaiknya hindari makanan yang berbau susu . Karena susu dapatĀ  menyebabkan lendir di paru-paru dan sinus bertahan lebih lama. Virus tumbuh di lingkungan yang hangat dan lembab yang disediakan oleh lendir, yang bisa membuatnya tinggal di dalam tubuh lebih lama dan juga dapat menyebabkan gejala flu lebih parah.

4. Daging

Daging mengandung lemak hewani yang dapat menghalangi kemampuan tubuh untuk menyingkirkan kuman yang menyebabkan gejala flu, sehingga flu akan berlangsung lama atau mengalami gejala yang lebih parah.

Itulah beberapa makanan yang perlu di hindari ketika sedang terserang flu agarĀ  penyakit flu tidak semakin parah.

Baca Juga : Jika Di Dekati Kucing Berarti ada 3 Pertanda dari Allah. Kamu Mau Tahu?

More From: Sehat