Dengan Menyanyi Dapat Meringankan Penyakit Asma


menyanyi

Palingseru.com – Penyakit asma atau lelah merupakan penyakit immunologi  yang menyebabkan kesukaran bernafas. Ini adalah kerana ketika pesakit diserang asma, keradangan dan spasma pada selaput dinding laluan udara menyebabkan bronkiol di dalam paru – paru menjadi sempit. Pnderita asma mungkin mengalami pernafasan bersiul (wheezing), sesak nafas, dan sukar untuk bersenam. Ketika otot mengejang, saluran udara mengecil dan menghalang pernafasan.

Namun dengan menyanyi, dapat meringankan penyakit asma. Hal ini di ketahui dari sebuah penelitian telah membuktikan bahwa bernyanyi dalam sebuah kelompok, seperti paduan suara, dapat meringankan sesak napas dan meningkatkan kualitas hidup penderitanya.

Menurut Dr. Nicholas Hopkinson, dokter pernapasan dari rumah sakit Royal Brompton menjelaskan bahwa bernyanyi bisa membantu mengendurkan otot-otot perut, yang memungkinkan udara tertarik ke seluruh tubuh bagian atas dan menggunakan otot yang sama untuk membawa nafas keluar.

ketika bernyanyi  hormon oksiton meningkat maka hormon stres kortisol menurun dan tekanan darah menjadi lancar. Inilah yang membuat distribusi oksigen dari paru-paru ke organ lain jadi membaik.

Bagi kamu yang hobby menyanyi atau memang seorang penyanyi ternyata mempunyai manfaat bagi kesehatan.


Like it? Share with your friends!