Tips Mengatur Waktu Belajar Yang Efektif


waktu belajar

Palingseru.com – Belajar adalah suatu kewajiban yang harus dilaksanakan oleh setiap orang, terutama oleh para pelajar. Hal ini merupakan usaha untuk memperoleh serapan ilmu yang maksimal. Agar sistem penyerapan ilmu menjadi maksimal belajar sebaiknya jangan hanya dilakukan di sekolah saja. Tapi, perlu dilakukan di rumah. Namun kamu harus tau bagaimana caranya agar waktu belajar kamu itu lebih efektif.

Berikut ini beberapa tips Mengatur Waktu belajar dengan efektif :

1. Waktu Istirahat

Belajar tidak harus di lakukan setiap waktu, karena itu juga akan mengganggu kesehatan.  Beri waktu yang cukup untuk tidur, makan dan kegiatan hiburan. Agar kemampuan dapat beristirahat sehingga memory otak akan segar kembali.

2. Prioritaskan Tugas Tugas

Tugas di sekolah seperti PR harus selalu di perhatikan, prioritaskan tugas – tugas dengan semaksimal mungkin agar semuanya berjalan efektif.

3. Kerja Kelompok

Luangkan waktu untuk diskusi atau mengulang bahan materi di sekolah dengan teman atau saudara kalian. Belajar kelompok dapat membantu menyelesaikan pemikiran yang kurang kita mengerti selama di sekolah.

4. Atur Waktu Belajar

Atur waktu untuk mengulang langsung bahan pelajaran setelah kelas. Ingatlah bahwa kemungkinan terbesar untuk lupa terjadi dalam waktu 24 jam tanpa review. Jadwalkan waktu 50 menit untuk setiap sesi belajar.

5. Suasana Dan Tempat

Pilih tempat yang nyaman (tidak mengganggu konsentrasi) untuk belajar. Jika suasana dan tempat itu nyaman pasti mendukung kegiatan belajar kamu menjadi lebih efektif.

Nah, itu beberapa tips mengatur waktu belajar agar lebih efektif dan efisien.


Like it? Share with your friends!