Ini Dia 5 Tips Melahirkan Agar Terhindar Dari Rasa Sakit


melahirkan

Palingseru.com – Melahirkan adalah salah satu perjuangan ibu untuk mengeluarkan buah hati dari dalam rahimnya. Saat ini seorang ibu harus berjuang sekuat tenaga dalam bayangan antara hidup dan mati. Namun itu semua terjadi kepada para ibu yang melahirkan dengan normal. Banyak orang berkata melahirkan itu sakit.

Berikut ini beberapa tips melahirkan agar terhindar dari rasa sakit,

1. Siapkan Posisi yang Tepat Untuk Bayi

Posisi melahirkan yang tepat  juga dapat memicu kelancaran dalam proses persalinan. Posisi bayi sedikit miring dengan kepala di bawah akan memudahkan keluarnya bayi.

2. Jaga Selalu Kesehatan

Dalam proses persalinan para ibu membutuhkan banyak tenaga untuk melahirkan buah hatinya maka dari itu kesehatan ibu juga perlu dijaga. Agar pada saat melahirkan berjalan lancar, kesehatan sang ibu juga perlu diperhatikan. Para ibu direkomendasikan agar mengkonsumsi makanan dengan gizi seimbang, minum susu, suplemen dari dokter, istirahat yang cukup dan banyak bergerak.

3. Lakukan Pijatan

Pijatan untuk melancarkan proses kelahiran sang bayi di minggu ke 3-4 bulan. Lakukan pijatan antara vagina dan daerah rektum supaya daerah tersebut lebih fleksibel, dapat membuka dan meregang dengan mudah serta mengurangi terjadinya robekan saat melahirkan.

4. Selalu Aktif  Ketika Kontraksi

Ketika si bayi sedang aktif berkontraksi kamu boleh beristirahat dan tiduran namun ketika sudah berhenti sebaiknya ibu bergerak mungkin dengan berjalan-jalan sejenak. Jagalah posisi ibu agar  selalu tegak untuk mempercepat pembukaan dan membuat bayi turun dengan mudah.

5. Posisi Jongkok

Melakukan posisi dengan cara berjongkok bisa mempermudah ibu ketika melahirkan. Selain posisi jongkok kamu juga bisa mencoba dengan posisi seperti bersujud dengan kepala dialasi dengan bantal.Posisi tersebut bisa membantu bayi keluar ke dalam serviks.

Inilah beberapa tips untuk para ibu yang sedang mempersiapkan proses kelahiran . Agar kelahiran berjalan lancar sesuai dengan yang diharapkan.


Like it? Share with your friends!