5 Cara Olahraga Jalan Kaki Agar Lebih Sehat


jalan kaki

Palingseru.com – Olahraga jalan kaki adalah salah satu olahraga sehat di pagi hari . Olahraga jalan kaki juga salah satu olahraga yang santai dan tak banyak menguras keringat. Namun jika olahraga jalan kakai dilakukan dengan cara yang tetap akan lebih bermanfaat dan pastinya lebih sehat.

Berikut ini beberapa cara olahraga jalan kaki agar lebih sehat :

1. Menambah kecepatan

Menambah kecepatan berjalan juga salah satu cara berjalan kaki yang sehat karena dengan kecepatan itulah tubuh akan lebih mengeluarkan energi sehingga dapat membakar kalori yang menempel dilemak tubuh. Secara rata-rata, ketika berjalan kaki, orang yang sehat bisa mencapai 1,5 km dalam waktu 20 menit. Mulailah dengan mencapai 1,5 km dalam 15 menit, atau berjalan kaki dengan kecepatan 5,5 km/jam.

2. Menanjak

Ketika berjalan pada tanah yang konturnya menanjak juga akan melatih punggung, paha, dan otot pada bagian bokong jauh lebih banyak ketimbang berjalan di jalan yang datar.

3. Tambahkan Sedikit Beban

Tambahan sedikit beban juga salah satu cara untuk membangun otot bagian atas tubuh . Tapi jangan menambahkan beban lebih dari 1,5 kg per tangan. Jika  sudah terbiasa berlatih secara rutin, disarankan untuk memulai memegang beban sekitar 1 kg. Jangan sampai beban yang kamu pegang terlalu berat hingga mengubah cara atau gaya berjalan menjadi tidak nyaman.

4. Perpanjang Langkah

Memperpanjang langkah kaki dan memfokuskan pada otot paha depan dan belakang saat berjalan akan menambah tenaga saat berlatih, selain itu juga dapat membakar kalori lebih banyak. Langkah panjang ini akan terasa cepat, hingga mirip joging, namun sebenarnya dengan berjalan yang langkahnya lebar.

5. Variasikan Kecepatan

Variasi kecepatan adalah menggabungkan lari kecil dengan berjalan. Ketika tubuh menambah kecepatan, ia harus berusaha mengimbangi dengan menyeimbangkan kalori yang digunakan di jantung dan paru-paru. Setiap kali kamu  memaksa diri untuk menambah kecepatan, kamu akan dapat  menambah tingkat pembakaran kalori.

Inilah tips olahraga jalan kaki agar olahraga pagi kamu lebih sehat.

More From: Sehat