Ketahui 5 Manfaat Berkeringat Bagi Kesehatan


berkeringat

Palingseru.com –  “Berkeringat itu sehat ” inilah kata – kata yang sering diucapkan oleh banyak orang. Walaupun berkeringat itu sering dikaitkan dengan hal jorok karena baunya, namun pada dasarnya keringat itu tidak bau jika tidak tercampur bakteri yang ada dikulit ketiak.  Berkeringat ternyata mempunyai banyak manfaat bagi kesehatan.

Berikut ini manfaat berkeringat bagi kesehatan :

1. Mendinginkan Tubuh

Bersyukurlah bagi ykamu yang berkeringat. Karena berkeringat itu ternyata dapat mendinginkan tubuh. Berkeringat merupakan mekanisme alami tubuh untuk mengatur temperatur yang meningkat saat kita beraktivitas atau kepanasan. “Keringat yang keluar akan membantu tubuh menyingkirkan panas sehingga kita tidak akan kepanasan,” kata Adam Friedman, dermatologi dan ahli bedah kosmetik dari Montefiore Medical Center, AS.

2. Mencerahkan Wajah

Peluh yang bercucuran di wajah bukan cuma mendinginkan tubuh tapi juga berefek pada kebersihan kulit wajah. Menurut Schlessinger, keringat di wajah akan mengurangi kotoran yang menyumbat pori-pori. Hal ini juga akan mencegah jerawat.

3. Menyehatkan Sirkulasi

Berkeringat juga salah satu cara menyehatkan sirkulasi. Ketika kita berkeringat, detak jantung akan menjadi cepat dan sirkulasi meningkat, terutama di sekitar kulit. “Dasar kelenjar keringat terletak di lapisan bawah kulit yang lokasinya sangat dekat dengan pembuluh darah kecil,” kata Kara Rogers, editor biomedical Encylopaedia Britannica.

4. Melawan Infeksi

Berkeringat ternyata sangat efektif melawan bakteri Staphylococcus aureus yang resisten pada antibiotik. Selain itu berkeringat juga akan akan mengurangi bakteri dan jamur berbahaya di kulit.

5. Membuang Racun

Penelitian menunjukkan keringat mengandung berbagai komponen, termasuk metal beracun dalam jumlah kecil. Karena itu berkeringat sering disebut juga sebagai detoksikan. Dengan jumlah kelenjar keringat sampai 5 juta di kulit manusia, tak heran jika berkeringat merupakan mekanisme pembuangan racun dari tubuh.


Like it? Share with your friends!