5 Gaya Hidup Sehat Untuk Mencegah Pikun Di Usia Muda


pikun

Palingseru.com – Setiap manusia pasti mempunyai masalah lupa atau pikun yang sering muncul ketika telah menginjak usia dewasa. Saat usia sudah mulai tua masalah pikun ini menghampirinya karena hal ini disebabkan adanya faktor fungsi memori otak yang menurun. Jadi wajar saja jika orang – orang manula itu mengalami kepikunan. Namun apa jadinya jika usia kita yang masih muda namun sudah mengalami kepikunan ? yang menjadi salah satu penyebab kepikunan di usia muda ini karena pola gaya hidup sehat yang tidak baik sehingga dapat memicu timbulnya kemampuan daya ingat yang menurun di usia muda.

Untuk itu lakukan 5 gaya hidup sehat di bawah ini agar tidak cepat mengalami pikun di usia muda :

1. Olahraga Yang Teratur

Olahraga yang teratur juga menjadi salah satu gaya hidup sehat yang dapat meningkat kemampuan daya ingat. Dengan olahraga tubuh kita akan tetap sehat sehingga memori otak untuk kita berfikir dapat memperoleh energi dan nutrisi saat sedang berolahraga.

2. Hindari Rokok

Di dalam rokok mengandung kafein yang diketahui sangat berpengaruh terhadap daya ingat. Seseorang yang mengkonsumsi rokok tersebut kemampuan daya ingatnya lebih rendah dibandingkan orang yanag tidak merokok. Untuk itu jika kamu ingin tidak cepat pikun di usia muda, hindarilah rokok dari daftar gaya hidup sehat kamu.

3. Melakukan Diet Sehat

Diet sehat juga merupakan salah satu kegiatan gaya hidup sehat yang dapat meningkatkan daya ingat otak manusia. Dengan asupan makanan diet yang tepat seperti mengkonsumsi buah – buahan segar , sayuran hijau dan salmon yang diketahui manfaatnya dapat meningkatkan daya ingat agar bekerja secara optimal.

4. Asupan Alkohol Rendah

Asupan alkohol yang rendah di dalamĀ  tubuh juga merupakan salah satu cara gaya hidup sehat. Kandungan di dalam alkohol tersebut dapat menimbulkan dampak buruk bagi tubuh salah satunya menyebabkan kepikunan. Untuk itu jika kamu tidak ingin cepat pikun di usia muda jauhkan tubuh kamu dari minum – minuman yang berakohol.

5. Mempertahankan Berat Badan

Berat badan memang sering terjadi perubahan, kadang menurun dan kadang pula meningkat. Namun bagi kamu yang dapat mempertahankan berat bedan tetap ideal ini merupakan salah satu cara gaya hidup sehat yang dapat menjauhkan kamu dari masalah pikun. Untuk itu perhatikan asupan makanan dan jumlah sajiannya agar berat badan tubuh kamu dapat terus terkontrol. Bila perlu sediakan timbangan berat badan dirumah agar kamu dapat terus mengontrol berat badan kamu setiap hari.

Nah , itulah gaya hidup sehat yang dapat kamu lakukan setiap hari. Khususnya bagi kamu yang masih mengijak usia muda agar terhindar dari masalah pikun. Usia muda sudah pikun, pastinya malu kan ? selamat mencoba.

 


Like it? Share with your friends!