5 Obat Sederhana Untuk Asam Urat


penyakit sendi

Palingseru.com – Asam urat merupakan salah satu penyakit yang menyerang bagian sendi tangan dan kaki. Gejala yang timbul akibat asam urat ini seperti rasa nyeri yang luar biasa. Rasa nyeri ini timbul karena tubuh tidak mampu menampung jumlah purin yang mengendap secara berlebihan. Namun ada obat sederhana yang dapat kamu gunakan untuk mengatasi penyakit asam urat. Mau tahu apa saja obat sederhana tersebut ?

Berikut ini jenis – jenis obatnya :

1. Air Putih

Air putih memang diketahui sangat baik untuk kesehatan tubuh kita. Selain mencegah kita dari dehidrasinya tubuh minum air putih juga dapat digunakan untuk mengatasi asam urat karena air putih berfungsi membantu ginjal untuk mengeluarkan zat purin yang mengendap di dalam tubuh .

2. Hindari Makanan Emping , Melinjo dan Kacang -kacangan

Hindari mengkonsumsi makanan seperti emping , melinjo dan kacang – kacangan juga salah satu obat sederhana untuk mengatasi asam urat. Karena diketahui dalam makanan tersebut mengandung purin yang tinggi sehingga dapat memperparah nyeri saat asam urat.

3. Konsumsi buah , sayur , dan biji – bjian segar

Mengkonsumsi buah , sayur , dan biji – bijian segar juga salah satuobat sederhana untuk mengatasi asam urat. Makanan tersebut mengandung sifat basa yang diketahui dapat mengatasi kadar keasaman purin dalam tubuh sehingga mudah dikeluarkan oleh ginjal.

4. Minum Jus Cerry

Mengkonsumsi jus cerry juga salah satu obat sederhana untukmengatasi asam urat. Kandungan kalium pada cerry ini berfungsi untuk menetralkan kadar keasamaan purin di dalam tubuh. Sehingga nyeri yang terjadi saat asam urat dapat dikurangi dengan mengkonsumsi 1 gelas jus cerry.

5. Air Lemon

Air lemonĀ  ini juga salah satu obat sederhana untuk mengatasi asam urat. Air lemon ini berfungsi untuk pembentukan kalsium karbonat sehingga dapat menyetarakan kandungan purin di dalam tubuh yang mengendap.

Itulah beberpa obat sederhana yang dapat kamu konsumsi ketika mengalami asam urat. Jika asam urat tersebut tidak dapat di atasi dan menimbulkan rasa nyeri yang berkepanjangan, sebaiknya kamu segera konsultasike dokter agar mendapatkan obat yang tepat untuk menanganinya.

More From: Sehat