5 Mumi Wanita Paling Tua Berwajah Mengerikan


Palingseru.com – Mumi adalah sebuah mayat yang diawetkan, sehingga bentuk awalnya tetap terjaga. Cara mengawetkannya bisa dengan menaruh tubuh tersebut ditempat yang sangat kering atau sangat dingin, atau tempat yang tidak ada oksigen, atau dengan cara menggunakan bahan kimiawi.

Baru-baru ini telah ditemukan mumi-mumi wanita tertua, yang telah hidup beribu-ribu tahun yang lalu. Kali ini ada lima mumi wanita tertua berwajah mengerikan  yang telah kami rangkum. Berikut penjelasannya..

1. Mumi Gadis

mumi altai

Mumi ini diperkirakan telah ada sejak 2500 tahun yang lalu, mumi ini kenal dengan nama Putri Altai. Saat ditemukan mumi ini mempunyai tato dibahunya yang bermotif rusa, dan memakai aksesoris di kepala serta pemakamanny. Hal ini menunjukan bahwa  dulunya mumi ini adalah seorang Putri, atau seorang yang mempunyai jabatan tinggi.

2. Mumi Lady Dai

mumi xin zhui

Mumi ini bernama Xin Zhui, dulunya dia adalah seorang istri dari penguasa Dai di Dinasti Han. Xin Zhui meninggal saat umur 50 tahun, mayatnya dibungkus dengan 20 lapisan kain sutra dan dimasukan ke dalam peti yang berlapis empat peti, lalu ditutupi arang sebanyak 50 ton. Itu lah yang membuat kulit Xin Zhui menjadi bersih dan terawat, dengan darahnya yang masih cair, organ tubuhnya masih lengkap dan masih fleksibel.

3. Mumi Lady Rai

lady-rai-mummy

Pada tahun 1909, seorang arkeolog G.E. Smith menemukan pati mati Lady Rai. Dia menemukan seorang mumi perempuan dengan postur tubuh yang telah rusak dibagian dada. Kemudian mumi ini dinyatakan sebagai mumi terjelek dari semua mumi yang telah ada. Namun setelah diteliti, ternyata bagian dada yang telah rusak itu, adalah ukuran payudara istimewa yang dimiliki oleh Lady Rai semasa dia hidup selama 3.600 tahun yang lalu.

4. Mumi Ratu Tiye

mumi rati tiye

Mumi yang satu ini mampu bertahan selama tiga milenium, oleh karena itu mumi ini dikenal dengan sebutan Elder Lady, bahkan rambut mumi ini masih terurai panjang hingga ke bahu. Seorang peneliti mengatakan bahwa rambut mumi ini cocok dengan  yang ditemukan di makam Raja Tutankhmun, sehingga mumi ini dianggap sebagai nenek sang Raja dengan nama Ratu Tiye.

5. Senyuman Thuya

thuyu

Yuya dan Thuya adalah pasangan mumi tertua  yang ditemukan di Mesir. Yuya dan Thuya di perkirakan hidup pada 3.800 tahun yang lalu. Walaupun mumi ini ditemukan di kawasan lembah Raja Mesir, namun makam mereka menjadi yang paling spektakuler, dan diperkirakan mereka adalah cucu dari Raja Tutankhmun.

Nah, itulah dia ke lima mumi wanita tertua yang berwajah mengerikan.

 

 

 


Like it? Share with your friends!