Pria Wajib Tahu, Gejala dan Penyebab Kanker Prostat


kanker prostat

Palingseru.com – Prostat merupakan nama kelenjar seksual pada pria yang terletak pada bagian bawah dari kantung kemih di kedua sisi kanan kiri uretra. Fungsi prostat adalah memberikan cairan untuk melindungi sperma yang keluar.

Kanker prostat adalah kanker yang tumbuh pada bagian tersebut. Gangguan ini menyebabkan sel prostat bermutasi dan berkembang secara tidak terkendali bahkan bisa menyebar pada bagian tubuh lain, seperti tulang dan lymph node.

Ada beberapa faktor yang dapat meningkatkan resiko terkena kanker prostat seperti usia, faktor keturunan, hormon, dan pola makan yang tidak sehat. Kanker prostat umumnya dialami oleh pria berusia 65 ke atas.

Ada pun faktor keturunan, misalnya pria yang memiliki keluarga laki-laki penderita kanker prostat, seperti saudara, ayah, kakek,  akan memiliki resiko yang lebih tinggi terkena kanker prostat dari pada pria yang tidak memiliki keluarga penderita kanker prostat.

Faktor lainnya yang diduga juga dapat menimbulkan resiko terkena kanker adalah perubahan hormon testoteron dan pola makan yang terlalu banyak mengonsumsi lemak.

Kanker prostat akan menimbulkan rasa sakit, kesulitan buang air kecil, disfungsi ereksi, dan lainnya. Menurut suatu peneliti, kanker prostat merupakan faktor utama penyebab kematian.

Untuk itu para pria wajib mengetahui penyebab dan gejala dari kanker prostat, agar bisa di tangani sejak dini.


Like it? Share with your friends!