Beginilah Sabun Membersihkan Kotoran di Tubuh Kamu


mandi

Palingseru.com – Tau gak sih bagaimana cara sabun mengangkat kotoran di tubuh kamu? Ya, kamu pasti sudah sering menggunakan sabun saat mandi, atau pun mencuci tangan. Tapi apakah kamu pernah berfikir bagaimana cara sabun mengangkat kotoran di tubuh kita?

Sabun yang sering kamu gunakan tersebut terbentuk dari berbagai rantai asam lemak. Setiap rantai asam lemak tersebut terdapat ion, biasanya ion kalium dan natrium. Nah, rantai asam lemak tersebutlah yang mengangkat kotoran di tubuh kamu bila di campurkan dengan air, terutama kotoran minyak dan lemak.

Ion kalium dan natrium yang terdapat di dalam sabun bertugas untuk membawa ikatan asam lemak dan kotoran kedalam air. Sehingga kotoran di kulit akan terangkat dan terbawa oleh air.

Kotoran seperti minyak dan lemak tidak bisa dibersihkan hanya dengan menggunakan air, kotoran tersebut akan terangkat jika dibersihkan dengan sabun.

Namun, kebanyakan sabun tidak bisa berfungsi pada air laut yang asin. Kenapa? Karena air laut banyak mengandung mineral, terutama natrium. Didalam sabun sudah terdapat banyak ion natrium, oleh karena itu sabun akan sulit untuk larut dalam air laut  karena di air laut sudah terdapat banyak natrium. Itu berarti sabun tidak akan bisa membersihkan kotoran jika dicampur dengan air asin.

Tapi kamu tidak perlu khawatir, karena ada beberapa sabun yang terbuat dari bahan kalium yang dapat mengangkat kotoran di tubuh kamu saat dicampur dengan air asin. Hal ini dikarenakan air laut tidak terlalu banyak mengandung kalium sehingga sabun dengan bahan kalium dapat larut di dalamnya.

 

 

 


Like it? Share with your friends!