5 Tes Kesehatan Yang Harus Dilakukan Wanita


dokter

Palingseru.com – Wanita memang rentan terhadap serangan  penyakit. Oleh karena itu, untuk menghindari penyakit-penyakit yang tak diinginkan wanita harus melakukan tes kesehatan secara rutin. Apa saja tes-tes yang harus dilakukan oleh wanita, berikut ini penjelasannya..

1. Tes kesehatan  gula darah

Setiap wanita wajib melakukan tes kesehatan gula darah selama tiga tahun sekali, dan dimulai sejak umur 45 tahun. Namun jika kamu sudah memiliki gejala penyakit diabetes, kamu harus melakukan tes kesehatan sebelum umur 45 tahun. Jika hasilnya 100 mg/ dL atau lebih makan kamu terkena gejala diabetes.

2. Tes Kesehatan Payudara

Tes ini sangat penting untuk dilakukan oleh wanita, agar dapat terhindar dari kanker payudara. Tes ini dilakukan untuk mengetahui adanya perubahan atau kelainan pada payudara wanita. Untuk wanita yang berusia 20-39 tahun, wajib melakukan tes kesehatan payudara selama tiga tahun sekali, namun untuk wanita yang berusia 40 ke atas, wajib melakukan tes kesehatan selama 1 tahun sekali.

3. Tes kesehatan Pap Smear

Tes ini wajib dilakukan untuk mengetahui adanya kanker serviks pada wanita. Tes ini dilakukan saat wanita berusia 21 tahun, atau setelah tiga tahun aktif melakukan hubungan seksual. Jika seorang wanita memiliki saudara yang terkena kanker, maka wanita tersebut wajib mengikuti tes selanjutnya seperti saran dokter.

4. Tes Kesehatan Bone Mineral Density (BMD)

Osteoporosis adalah kondisi dimana tulang menjadi lemah dan mudah pecah. Wanita sangat rentan terhadap penyakit osteoporosis dari pada laki-laki, oleh karena itu wanita wajib melakukan tes kesehatan ini. Tes ini dilakukan untuk mendeteksi osteoporosis dengan menggunakan sinar -X, sehingga kerusakan tulang bisa di cegah sejak dini. Tes ini dilakukan untuk orang yang berusia 60 tahun.

5. Tes Kesehatan Dental Checkup

Gigi yang putih dan bersih dapat membuat senyum kita menjadi lebih indah. Bukan hanya indah, gigi yang bersih dapat mencegah terkena penyakit jantung. Bakteri yang terdapat di gigi lah yang menyebabkan penyakit jantung dan stroke. Maka dari itu rajin-rajin lah menyikat gigi dan periksa ke dokter.

Nah, itulah kelima tes kesehatan yang wajib dilakukan oleh wanita, agar terhindar dari penyakit-penyakit yang tidak diinginkan.

 


Like it? Share with your friends!