Aneh, Batu Ini Bisa Tumbuh dan Berpindah Tempat


trovanty 1

Palingseru.com – Trovants merupakan nama batu yang hidup disebuah desa di Costestis, Rumania. Batu ini merupakan fenomena geologi yang sangat aneh dan mengerikan. Bagaimana tidak batu ini bisa tumbuh menjadi besar dan berpindah tempat, dari satu tempat ke tempat yang lain.

Dari luar batu ini tidak terlihat berbeda dengan batu-batu yang lainnya. Tapi batu ini dapat tumbuh besar jika terkena air, batu kecil yang berukuran enamĀ  sampai delapan meter dapat tumbuh besar hingga sepuluh meter. Karena keanehannya ini, batu-batu Trovants mampu menarik banyak turis datang ke Rumania untuk melihat batu-batu tersebut.

Yang lebih menarik lagi, jika memotong batu setengahnya, makan akan terlihat lingkaran usia seperti layaknya pohon. Namun, ini merupakan batu bukan tanaman. Para ahli geologi mencoba menjelaskan tentang pertumbuhan batu Trovants ini dengan tingginya kandungan garam mineral yang ada dibatu ini. Ketika batu ini basah, bahan kimia ini memperluas dan menempatkan tekanan pada bagian tertentu yang membuat batu Trovants tumbuh.

Batu hidup ini tak hanya dapat berkembang, Trovants juga dapat memproduksi diri sendiri dengan cara bertunas. Ketika batu-batu tersebut basah, akan timbul tonjolan-tonjolan kecil dipermukaan dan tumbuh semakin besar dengan seiringnya waktu dan ketika sudah cukup besar tonjolan tersebut akan memisah dari induknya.

Uniknya lagi tonjolan-tonjolan yang sudah berpisah tersebut berkembang menjadi lebih besar dan memiliki struktur yang sama persis dengen induknya. Sampai saat ini, para ilmuwan tidak dapat menjelaskan bagaimana sebenarnya batu ini dapat memproduksi diri sendiri.

Peringatan !! Silahkan copy paste artikel ini namun cantumkan link sumber palingseru.com tanks


Like it? Share with your friends!