5 Fakta Menarik BPJS Kesehatan Yang Harus Kamu Ketahui


bpjs

Palingseru.com – Sebelum kamu mendaftar menjadi peserta Badan Penyelenggara Jaminan Sosial, kamu perlu mengetahui beberapa fakta tentang BPJS. Nah, berikut ini kami berbagi info tentang beberapa fakta seputar BPJS.

1. Jamsostek

Tahukah kamu, sebelum bernama BPJS atau Badan Penyelenggara Jaminan Sosial, dulunya bernama Jamsostek. Namun, pada 1 Januari 2014 nama itu resmi diubah menjadi BPJS dan sah menurut Sistemn Jaminana Sosial Nasional (SJSN) dan Undang-Undang (UU)24/2011.

2 Naik Gaji

Setelah Jamsostek diresmikan telah berubah nama menjadi BPJS, PT Jamsostek (Persero) menaikan gaji semua karyawan-karyawannya sebanyak 25% pada tahun pertama

3. Iuran BPJS

Mulai 1 Januari 2014, iuran BPJS mulai beragam sesuai dengan kategori peserta. Seperti ini misalnya, iuran jaminan kesehatan bagi peserta jaminan kesehatan penduduk yang didaftarkan oleh pemerintah daerah yaitu sebesar Rp 19.225. Sedangkan iuran jaminan kesehatan peserta jaminan kesehatan pekerja penerima upah, seperti: Anggota TNI, PNS, Polri, Pejabat Negara, dan lain-lain sebesar 5 % dari gaji mereka masing-masing.

4. Tinggal Daftar dan Bayar

Calon peserta hanya perlu mendatangi kantor BPJS atau bank yang jadi rekanan. Setelah mendaftar calon peserta hanya perlu membayar di bank.

5. Kartu ‘Pintar’

Setiap orag yang sudah menjadi peserta BPJS, akan menerima smart card (kartu pintar). Kartu ini digunakan untuk membayar saat melakukan pengobatan.

Nah, itu lah fakta-fakta menarik seputar BPJS, sebelum kamu mendaftar kamu harus tahu dulu fakta-fakta diatas.


Like it? Share with your friends!