5 Binatang Hasil Kloningan Terpopuler di Dunia


Hewan KloningPalingseru.com – Kloning memang merupakan salah satu cara untuk menghasilkan individu baru yang berbeda tetapi indentik dalam satu genetik. Cara – cara kloning ini banyak dilakukan beberapa orang untuk mendapatkan versi bioteknologi yang berbeda untuk mendapatkan contoh DNa, gen, sel dan orgasme dari beberapa tumbuhan dan hewan yang mereka miliki.

Hasil – hasil kloning tersebut pun menghasilkan beberapa kebahagiaan tersendiri. Bahkan mampu menjadi terpopuler di dunia. Nah, berikut ini ada 5 Binatang Hasil Kloning Terpopuler di Dunia :

1. Kloning Coyote di Korea Selatan

Kloning yang dilakukan dengan Coyote di Korea Selatan ini menghasilkan 8 anjing anjing, coyote ( srigala rumput laut) yang dilakukan pada Oktober 2011. Percobaan ini dilakukan oleh seorang ilmuwan yang bernama Hwang Woo Suk. Dalam hal ini kloning yang ia lakukan mendapatkan dukungan od pemerintah Provisinsi Gyeonggi, Korea Selatan. Bahkan pada peluncurannya dihadiri oleh Gubernur Kim Moon-Soo.

Dalam hasil percobaan kloningnya ini dilakukan secara teliti dengan mengambil sel dari kulit coyote yang kemudian ia transplantasikan ke dalam inti telur anjing.Hasil percobaannya terbukti pada 17 Juni 2011 dengan lahirlah bayi coyote kloningan di Sooam Biotech Research Foundation. Kloning coyote di Kore Selatan ini menjadi salah satu hewan hasil kloning terpopuler di dunia.

2. Noori, Domba Kloning  di Kashmir

Hewan hasil kloning lainnya yang menjadi salah satu hewan terpopuler di dunia yaitu Noori, Domba kloning di Kashmir. Hasil kloning ini berhasil dilakukan oleh ilmuwan asal India yang mengharapkan bisa meningkatkan jumlah hewan langka tersebut, kambing yang dikenal memiliki bulu tebal dan halus. Kloning yang dilakukan ini dilakukan dengan metode yang sederhana bersama para rekan – rekannya. Salah satunya Dr. Riaz Ahmad Shah.

Dr. Riaz Ahmad Shah mengatakan bahwa keberhasilan kloning dengan domba tersebut dapat memicu peningkatan populasi kambing Himalaya sehingga memicu gairah pendapatan masyarakat di bidang tekstil dan garment.

3. Kloning Babi Transgenik di China.

Hewan kloning yang menjadi terpopuler berikutnya datang dari negara China. Profesor Liu Zhonghua dari Northeast Agricultural University pada Desember 2006, di Provinsi Heilongjiang. Melakukan percobaan kloning dengan menggunakan hewan babi hijau neon dan dikawinkan dengan babi biasa yang tujuannya untuk menghasilkan warna babi yang berbeda.

Percobaannya dilakukan pun membuahkan hasil yaitu dilahirkan 14 bayi transgenik. Yang dimana hanya dihasilkan dua babi yang berbeda warna. Profesor Zhonghua mengatakan bahwa lidah bayi babi neon tersebut terlihat menyala ketika terkena sinar ultraviolet, sehingg dapat disimpulkan bahwa bayi tersebut mewarisi genetikan sang induk.

4.  Ayam Tanpa Bulu di Israel

Hewan kloning yang juga menjadi terpopuler di dunia ini yaitu Ayam dari negara Israel. Uniknya ayam ini tidak mempunyai bulu layaknya ayam lainnya. Percobaan kloning ini dilakukan oleh ilmuwan di  Fakultas Genetika, Rehovot Institut di Tel Aviv, Israel. Tepat di kawasan Timur Tengah dilakukan pada 2006.

Hasil percobaan yang dilakukan dengan menyuntikkan sel dengan karakteristik yang telah ditentukan ke dalam telur ayam betina. Denagn tujuan efektifitas dan efesiensi dalam penjualan dan pengolahan ayam sebagai sumber makanan. Kloning yang dilakukan ini memang membuahkan hasil dengan ayam tanpa bulu. Namun, hasil kloning ini malah bukan menjadi percobaan yang menggembirakan malah menimbulkan banyak kecaman karena menurut masyarakat hewan ini merupakan hewan menjijikan.

5. CC Alias Carbon Copy, Kucing Kloning di Amerika Serikat

Kloning CC Alias Carbon Copy, Kucing Kloning di Amerika Serikat ini berhasil dilakukan  oleh College of Veterinary Medicine di Texas, AS,Pada 22 Desember 2001. Kloning ini dilakukan dengan cara mendapatkan donor genetika dari kucing Rainbow (sejenis kucing domestik calico).

Walupun hasil kloning yang dilakukan ini tidak mendapatkan hasil serupa dengan kucing Rainbow, namun  Dr. Mark Westhusin dan Dr. Taeyoung Shin, secara resmi memublikasikan hasil riset mereka pada 14 Februari 2001 di Nature-Science Journal.

Nah, dari kelima hewan hasil kloning di atas merupakan hewan kloning terpopuler di dunia.

Sumber: Uniknya.com

More From: Menarik