Cara Menghitung Masa Subur Wanita


kalender

Palingseru.com – Masa subur sangatlah penting bagi mereka yang menginginkan kehamilan atau menunda kehamilan. Untuk mereka yang menginginkan kehamilan masa subur bisa dijadikan patokan untuk melakukan hubungan seksual. Begitu juga sebaliknya untuk mereka yang ingin menunda kehamilan, masa subur bisa dijadi kan patokan untuk tidak melakukan hubungan seksual.

Sekarang sudah banyak cara dan metode yang dapat digunakan untuk mengetahui masa subur seorang wanita, seperti yang berikut ini.

Sistem kalender

Untuk menentukan masa subur wanita menggunakan sistem kalender memiliki dua cara, yaitu:

– Bagi siklus haidnya yang teratur, masa suburnya berlangsung 14 + /- 1 hari haid berikutnya. Artinya masa subur berlangsung pada hari ke 13 sampai hari ke 15 sebelum tanggal haid berikutnya.

– Bagi siklus haidnya yang tidak teratur, maka kamu harus mencatat pa**ang siklus haid sekurang-kurangnya selama 6 siklus. Dari jumlah hari siklus haid terpa**ang, dikurangi dengan 11 akan diperoleh hari subur terakhir dalam siklus haid tersebut. Sedangkan dari jumlah hari siklus haid terpendek dikurangi 18 akan diperoleh hari subur pertama dalam siklus tersebut. Jika masih bingung, berikut ini sebagi contoh: Siklus terpa**ang = 31, maka dapat dihitung 31 – 11 = 20, dan siklus terpendek = 26, maka dapat di hitung 26 – 18 = 8, jadi masa subur akan berlangsung pada hari ke 8 sampai hari ke 20.

Penggunaan tools penghitung masa subur

Di jaman yang serba canggih ini, telah banyak ditemukan tools atau software yang dapat digunakan untuk menghitung masa subur. Caranya sangat mudah, kamu hanya memasukan tanggal hari pertama haid terakhir  setelah itu akan muncul tanggal perkiraan masa subur seseorang.

Ukur temperatur basal tubuh

Secara normal, suhu tubuh seseorang adalah 35-36 derajat celsius, namun, suhu tubuh akan naik menjadi 37-38 derajat celsius pada waktu ovul**i. Suhu tubuh ini tidak akan turun kembali menjadi 35, karena disebabkan terbentuknya progesteron yang berfungsi untuk menyiapkan jaringan di dalam rahin  untuk menerima sel telur yang akan dibuahi.

Caranya, letakan termometer dibawah lidah setiap pagi sebelum bera**ak dari tempat tidur, pastikan kamu tidak dalam keadaan demam, dan jangan melakukannya di ruangan yang panas atau dingin (ber AC). Catatlah setiap hari suhu tubuh yang telah kamu ukur untuk mengetahui masa subur tersebut.

 


Like it? Share with your friends!