5 Tips Agar Sepeda Motor Tidak Mogok Saat Lewati Banjir


banjir

Palingseru.com – Banjir yang terjadi di sejumlah titik di daerah Ibu Kota, membuat banyak pengguna motor terpaksa harus menerobos genangan air yang cukup tinggi. Akibatnya banyak motor-motor yang mogok karena mesin motor tersebut kemasukan air, dan mereka pun harus mengeluarkan ongkos untuk membersihkannya.

Nah, oleh karena itu, palingseru.com akan berbagi sedikit tips untuk menangani masalah ini. Berikut ini ada beberapa cara agar sepeda motor tidak mogok saat melewati genangan air.

1. Jangan berhenti ditengah jalan

Pastikan motor kamu terus melaju saat melewati genangan air yang cukup tinggi, karena kesempatan air untuk masuk ke dalam mesin akan lebih besar jika kamu berhenti ditengah genangan air. Dan pastikn juga saat itu gas dalam keadaaan stabil, tidak naik-turun.

2. Posisikan perseneling pada gigi satu

Saat menerjang genangan air yang cukup tinggi, kamu harus menggunakan gigi satu agar tarikan lebih ringan untuk menghindari masuknya air dalam knalpot.

3. Untuk motor transmisi otomatis, putar gas konstan

Jika motor yang kamu gunakan adalah motor skutik, maka putarlah gas secara konstan, dan jangan memutar gas terlalu tinggi saat menerjang banjir. Jika harus mengerem, pastikan kamu tidak mengerem mendadak, atur rem pelan-pelan untuk menghidari air masuk ke dalam mesin.

4. Gunakan jasa gerobak angkut

Jika genangan air sudah semakin parah, maka sebaiknya kamu menggunakan jasa gerobak angkut. Itu cara lebih baik untuk menghindari mogok.

5. Cari jalan lain

Cara yang satu ini adalah cara yang paling efektif, jika ada jalan lain yang bisa ditempuh apa salahnya kamu menempuh jalan yang tidak berisiko.

Itulah tips yang palingseru.com bagikan untuk pengguna motor saat melewati genangan air.


Like it? Share with your friends!