4 Februari 2004: Facebook Pertama Kali Diluncurkan


Like di facebookPalingseru.com – Tepat sepuluh tahun lalu, laman jejaring sosial Facebook diluncurkan. Facebook diciptakan oleh seorang mahasiswa Universitas Harvard, AS, Mark Zuckerberg, yang telah menjadi salah satu miliarder dunia.

Kini, Facebook merupakan laman media sosial terpopuler di dunia. Menurut kantor berita Reuters, sejak September 2012, laman itu menampung lebih dari satu miliar akun di berbagai negara.

Facebook memiliki pertumbuhan jumlah pengguna yang mengagumkan. Dari kamar asrama yang dihuni Zuckerberg di Harvard, Facebook cukup perlu tiga tahun untuk menghimpun 50 juta pengguna.

Pada 2010, jumlah pengguna berdasarkan akun di Facebook sudah mencapai angka 500 juta. Dua tahun kemudian, sudah lebih dari satu miliar.

Facebook, yang awalnya bernama The Facebook, merupakan situs jejaring sosial yang menghubungkan orang-orang yang memiliki kesamaan minat, hobi, kota, kantor, sekolah, dan sebagainya.

Anggota Facebook dapat menambah teman, berkirim pesan, serta memperbaharui profil mereka. Facebook mengambil inspirasi dari publikasi facebooks yang dibagikan sejumlah perguruan tinggi di Amerika Serikat kepada siswa atau staf baru mereka sebagai cara untuk memperkenalkan orang-orang yang ada di lingkungan kampus.

Awalnya, keanggotaan Facebook terbatas hanya bagi mahasiswa Harvard, namun kemudian berkembang hingga mencakup wilayah Boston, Ivy League, dan Universitas Stanford. Belakangan, Facebook juga membuka keanggotaan bagi mahasiswa dari perguruan tinggi lain, siswa sekolah menengah, dan terakhir, siapa pun yang berusia di atas 13 tahun.

Facebook memperoleh investasi pertamanya dari pendiri PayPal, Peter Thiel, senilai US$500.000 pada Juni 2004. Setahun kemudian, perusahaan investasi Accel Partners dan Geylock Partners menanamkan modal sebesar US$12,7 juta dan US$27,5 juta untuk Facebook.

Dengan uang tersebut, pada tahun yang sama, Mark membeli domain facebook.com seharga US$200.000. Sejak saat itu, Facebook tampil sebagai situs jejaring sosial terkemuka di dunia dengan memiliki lebih dari 150 juta pengguna aktif.

Meskipun hingga 2005 Facebook masih membukukan kerugian hingga US$3,63 juta, berbagai perusahaan raksasa terus mengincar saham perusahaan tersebut. Pada 24 Oktober 2007, Microsoft membeli 1,6 persen saham Facebook senilai US$240 juta.

Sebulan kemudian, miliuner Hong Kong, Li Ka-shing menginvestasikan dana US$60 juta untuk Facebook. Menurut laporan BusinessWeek, total valuasi Facebook pada 2008 mencapai US$5 miliar. vivanews.com

More From: Hari Ini