7 Cara Agar Kamu Selamat Dari Kecelakaan Pesawat


pesawat

Palingseru.com – Sering terjadinya kecelakaan pesawat membuat sebagian orang merasa khawatir saat naik pesawat. Namun, jangan khawatir karena ada beberapa cara sederhana yang dapat kamu lakukan agar dapat menyelamatkan diri dari kecelakaan pesawat.

Berikut tujuh cara yang dikutip dari Smarter Travel, Selasa (11/02/2014).

1. Selalu gunakan sepatu

Saat berada dipesawat sebagian orang sangat senang membuka sepatu dan melipatkan kakinya. Namun, sebaiknya kamu tidak melakukan hal itu, tetap lah menggunakan sepatu saar berada di pesawat. Karena saar terjadi kecelakaan pesawat kamu akan lebih cepat menyelamatkan diri karena kaki kamu telah menggunakan sepatu.

2. Latihan membuka seatbelt

Membuka seatbelt memang merupakan hal yang sangat sederhana, namun jika disaat sedang panik orang-orang lebih sering bingung untuk melakukan sesuatu.

Nah, untuk itu saat duduk di pesawat cobalah untuk membuak seatbelt beberapa kali, agar saat panik otak akan langsung spontan untuk menyuruh membuka seatbelt.

3. Punya plan A dan B

Kamu harus mempunyai rencana saat di dalam pesawat, salah satunya seperti mengetahui keberadaan pintu dan jendela darurat. Jika perlu kamu harus mempunyai lebih dari satu rencana untuk menyelamatkan diri saat kecelakaan pesawat.

4. Jangan tunggu instruksi dari kru kabin

Di saat keadaan darurat, kamu jangan mencoba untuk menuggu instruksi dari kru kabin untuk menyelamatkan diri. Karena bisa saja kru kabin sedang sibuk menyelamatkan penumpang lain. Oleh karena itu, segeralah menyelamatkan diri dengan rencana yang kamu siapkan.

5. Lupakan barang bawaan

Sering kali penumpang pesawat meninggal saat kecelakaan pesawat karena mereka mencoba menyelamatkan barang bawaannya. Nah, hal ini sebaiknya jangan dilakukan jika nyawa yang menjadi taruhannya.

6. Perhatikan keadaan sekeliling

Sebanyak 80% pesawat mengalami kecelakaan pada 3 menit pertama saat lepas landas dan 8 menit sebelum mendarat. Nah, pastikan saat waktu 11 menit itu kamu lakukan untuk memperhatikan keadaan sekitar.

7. Jauhi bangkai pesawat

Jika, kamu sudah berhasil keluar dari pesawat, pastikan kamu menjauhi pesawat tersebut, karena bisa jadi pesawat tersebut akan meledak. Namun, jangan terlalu jauh, agar tim SAR dapat menemukan kamu.

Nah, itulah dia ke lima cara sederhana yang dapat kamu lakukan agar selamat dari kecelakaan pesawat.

 

 

 


Like it? Share with your friends!