5 Manfaat Sering Pelukan Setiap Hari


pelukan

Palingseru.com – Pelukan sering dianggap sebagai bukti untuk menunjukan rasa kasih sayang seseorang kepada orang yang dipeluknya. Tak hanya itu, pelukan juga dapat memberikan banyak manfaat kesehatan yang sudah terbukti secara ilmiah.

Nah, berikut ini ada beberapa manfaat pelukan sekaligus sebagai alasan mengapa kamu harus berpelukan setiap hari.

1. Membuat lebih tenang dan sabar

Pelukan merupakan salah satu cara untuk menunjukan kepedulian terhadap orang lain. Pelukan akan membuat orang lebih tenang saat menghadapi suatu masalah. Selain itu, pelukan juga dapat membuat orang lebih sabar untuk melakukan sesuatu.

2. Mencegah penyakit

Menurut hasil penelitian, pelukan dapat mencegah berbagai penyakit, seperti meredakan rasa sakit, meningkatkan kekebalan tubuh pada pasien kanker, serta dapat membantu bayi prematur menjadi lebih cepat sembuh.

3. Merangsang kelenjar timus

Kelenjar timus merupakan kelenjar yang sangat dibutuhkan oleh manusia. Salah satu kegunaannya bagi remaja yaitu untuk mengatur pertumbuhan dan pubertas. Sedangkan untuk orang dewasa berkaitan dengan produksi sel darah putih.

4. Produksi dopamin

Berpelukan dapat membantu tubuh seseorang untuk menghasilkan dopamin. Dopamin merupakan zat yang memberikan rasa bahagia sekaligus sebagai penghilang stres.

5. Keseimbangan sistem saraf

Saat berpelukan kulit akan merasakan sentuhan yang akan berkaitan langsung dengan otak melalui saraf vagus. Respon tersebut akan diterima oleh otak dan akan membuat saraf parasimpatik akan lebih seimbang dan berfungsi dengan baik.

Itulah dia kelima manfaat yang kamu dapat saat pelukan.

 


Like it? Share with your friends!