Menguap Terlalu Kuat, Paru-paru Pria Ini Kolaps


kolaps

Palingseru.com – Apa yang biasa terjadi pada tubuh ketika tubuh merasa ngantuk dan lelah? Pasti menguap bukan? Ya, menguap merupakan hal yang wajar dilakukan, karena menguap merupakan tanda tubuh saat terasa ngantuk, dan lelah.

Tapi, ternyata menguap juga memiliki resiko loh? Kok bisa? Ya, menguap terlalu kuat dapat berakibat pada paru-paru. Hiii …

Seperti yang dialami oleh seorang pria bernama Mr Ou, 26 tahun asal Wuhan, provinsi Hubei, China. Gara-gara menguap terlalu kuat pria ini mengalami masalah pada paru-parunya.

Mr Ou menggerakan tubuhnya dan juga menguap di pagi hari, seperti biasanya yang ia lakukan. Tapi menguap kali ini tidak seperti mennguap pada hari sebelumnya. Saat ia menguap tiba-tiba saja dadanya merasa nyeri dan kemudian terasa sakit yang intens dan berlanjut dengan kesulitan bernapas.

Karena merasa sakit ia langsung pergi ke Central Hospital of Wuhan, dan dokter mengatakan ia mengalami pneumotoraks spontan atau kolaps paru-paru. Hal ini bisa terjadi karena ada udara yang terperangkap di samping paru-paru.

Dokter juga mengatakan bahwa kolaps paru-paru yang ia derita disebabkan oleh menguap terlalu kuat.

Pneumotoraks atau kolaps paru-paru memang sering terjadi  pada pria muda. Kasus ini terjadi karena cedera dada atau penyakit paru-paru, dan bisa juga disebabkan karena ada luka kecil di paru-paru.

Namun, kolaps paru-paru ini bisa sembuh dengan sendirinya, tapi jika menyebabkan masalah pernapasan, udara yang terperangkap tersebut juga perlu dibersihkan.

Tapi untunglah kondisi seperti ini jarang sekali terjadi, hanya sekitar 2 dari setiap 10.000 orang yang mengalami kondisi ini, dan itu lebih sering dialami oleh pria dari pada wanita.

baca juga: 5 Tanda Paruparu Tidak Sehat

5 Gejala Kanker Paruparu Yang Tidak Disadari

More From: Aneh Unik