5 Jenis Air Yang Tidak Boleh Kamu Minum


air

Palingseru.com – Setiap orang memang disarankan untuk banyak-banyak minum air putih, agar tubuh tetap sehat dan kuat. Namun, tidak semua jenis air putih yang baik untuk kesehatan tubuh.

Ada beberpa jenis air putih yang sebaiknya tidak di konsumsi, karena dalam kondisi tertentu air putih ini bisa menjadi nitrit dan zat lain yang dapat merusak dan beracun. Air yang tidak boleh diminum ini ternyata dapat menyebabkan kerusakan terhadap tubuh tertentu.

Oleh karena itu, disarankan untuk tidak mengonsumsi air-air seperti yang berikut ini.

1. Air yang dimasak kembali

Ada yang sering minum air yang sudah dimasak lalu dimasak kembali? Jika ada, sebaiknya kamu hentikan kebiasaan itu. Karena, air yang sudah dimasak, lalu dimasak kembali maka akan membuat air menguap kembali. Jika air menguap kembali, maka nitritnya akan semakin banyak terkandung dalam air tersebut. Jika kamu sering meminumnya, maka nitrit itu akan bertumpuk di dalam tubuh.

2. Air yang tidak di masak

Tahu air ledeng? Ya, air ledeng yang sering dikonsumsi itu, semuanya melalui proses klorin. Air yang diproses melalui klorin, akan memisahkan 13 jenis zat yang berbahaya, seperti hidrokarbon halogen, dan klorofom yang dapat menyebabkan penyakit kanker dan cacat.

Hidrokarbon halogen yang terkandung dalam air ledeng ada sebanyak 53 mg dan bisa naik dua kali lipat menjadi 177 mg. Jumlah ini sudah melewati batas normal kesehatan air.

Namun, jika air ini dimasak, maka zat-zat tersebut akan berkurang secara drastis seiring dengan penguapan air tersebut. Jadi, jangan suka minum air yang belum dimasak ya.

3. Air panci kukus

Air panci kukus atau air sisa kukus yang sering digunakan secara berulang-ulang sangat tidak baik untuk digunakan. Apa lagi jika kamu sering menggunakannya untuk memasak bubur, nitrit yang terdapat dalam air itu akan semakin meningkat, dan dapat membuat nitrit menjadi keracunan. Jika kamu sering mengonsumsi air ini, maka kamu akan menerima dampak seperti penuaan dini, perubahan patologis pada sistem pencernaan, saraf, dan masih banyak lagi.

4. Air mendidih lama

Air yang sudah mendidih sepanjang malam atau air yang terlalu lama di kompor sangat tidak baik untuk dikonsumsi. Karena air jenis ini banyak mengandung kalsium, magnesium, dan kandungan logam lainnya bahkan nitrit sangat tinggi terkandung di dalam air jenis ini. Jika sering dikonsumsi maka, dalam jangka panjang dapat menyebabkan masalah pada lambung dan usus. Bahkan dapat membuat seseorang kekurangan oksigen, dan akhirnya pingsan, kejang-kejang, dan bahkan bisa meninggal. Jangan sepelekan air ini ya.

5. Air usang

Air usang atau air mati adalah air yang disimpan terlalu lama, dan tidak digunakan (diminum). Air jenis ini sebaiknya jangan kamu minum, karena air ini mengandung zat beracun yang akan terus bertambah seiring dengan lamanya penyimpanan air tersebut. Jika dikonsumsi air ini dapat menyebabkan metabolisme sel-sel anak yang belum dewasa akan melambat, sehingga pertumbuhan anak pun menjadi terhambat. Tak hanya itu air ini juga dapat menyebabkan kanker usus, dan lambung, serta penuaan dini pada laki-laki.

Nah, itulah dia kelima jenis air yang sebaiknya jangan kamu konsumsi.

More From: Sehat