Hal Yang Perlu Kamu Lakukan Jika Ponsel Kemasukan Air


Ponsel masuk Air

Palingseru.com – Ketika ponsel kemasukan air biasnya kita akan panik dan berusaha untuk menghidupkan ponsel kita yang mati akibat kemasukan air, padahal cara yang kamu lakukan ini salah sebab bisa merusak komponen yang ada di dala ponsel kamu.

Ponsel yang kemasukan air biasanya memang akan mati secara otomatis, dengan matinya ponsel maka tidak akan ada aliran listrik sehingga komponen ponsel aman dari setruman listrik yang bias membuat komponen yang ada didalam ponsel kamu terbakar.

Nah jika suatu saat nanti kamu mengalami kejadian ponsel kemasukan air maka ada beberapa hal yang sebaiknya kamu lakukan agar ponsel kamu selamat dan tidak rusak karena air. Kamu mau tahu seperti apa.

Nah berikut ini ada beberapa hal yang perlu kamu lakukan ketika ponsel kamu kemasukan aiar seperti dikutip dari android-indonesia.com.

  1. Segera lepas/cabut batrei hp
  2. Lepas juga aksesoris yang lain seperti kartu sim dan kartu memori
  3. Bongkar / lepas casing hp
  4. Bonkar / lepas juga baut dan pcb handphone
  5. Tiup dengan sekencang-kencangnya pada bagian pcb terutama bagian IC,ini bertujuan agar air yang masih menempel pada kaki-kaki IC bisa segera keluar dan tidak mengendap
  6. Keringkan pcb/hp dengan hair dryer, disarankan jarak hair dryer dengan hp jangan sampai terlalu dekat agar tidak merusak komponen yang ada pada pcb handphone
  7. Jangan ambil tindakan pintas dengan menjemur hp karena dari panas sinar matahari bisa merusak             komponen-komponen handphone
  8. Cas batrei hp dengan cas desktop sampai penuh. Meski anda meyakini ponsel sudah dalam keadaan kering, biarkan dulu dan jangan keburu memasangkan batrei dan menghidupkan ponsel.
  9. Jika semua langkah telah dilakukan dan batrei sudah terisi penuh pasang kembali pasang kembali pcb handphone,casing,dan juga batrei lalu coba nyalakan handphone

Nah jika kamu sudah melakukan langkah langkah diatas dan ponsel kamu masih belum bisa hidup juga, otomatis ada komponen yag surak alangkah baiknya kamu bawa ponsel kesayangan kamu ke tukang service ponsel terpercaya.

baca juga: Ponsel Anti Air Xperia V Dijual Rp 5,3 juta

More From: Gadget