Ini Dia Negara Yang Tidak Pernah Hujan


peru

Palingseru.com – Tidak turun hujan sebulan, atau dua bulan saja negara kita sudah pasti akan kekeringan, apalagi tidak pernah turun hujan.

Tapi, ternyata ada sebuah negara yang tidak pernah turun hujan loh. Namun, meskipun tidak pernah turun hujan kamu tetap saja menggigil ke dinginan. Aneh ya!

Peru merupakan negara yang beriklim paling unik di dunia. Jika kamu tinggal disana mungkin kamu akan menunggu 20 tahun untuk merasakan air hujan. Waw !

Negara Peru terletak du gurun yang sangat luas di sepanjang pesisir Pasifik Amerika Selatan. Tapi, meskipun tidak pernah turun hujan, tumbuhan yang tumbuh di sana tetap tumbuh hijau dan subur.

Terdengar aneh bukan? Namun, yang sering menjadi pertanyaan adalah mengapa negara Peru tidak pernah turun hujan? Hal ini sangat berhubugan dengan angin pasat yang berhembus dari Timur ke Barat. Angin tersebut bertemu dengan lereng pegunungan Andes yang terdapat di sana dan menjulang tinggi ke atas sehingga membuat angin tersebut terpaksa naik ke atas. Kamudian, angin tersebut mendingin, sehingga menyebabkan kelembaban tinggi yang akhirnya menjadi seperti air hujan disertai salju.

Lalu, mengapa kelembaban di negara Peru sangat tinggi?

Hal ini disebabkan oleh awan yang menggantung rendah di atas pesisir saat musim dingin, sehingga kabut menjadi tebal dan menyebabkan hari-hari berlalu tanpa sinar matahari sedikit pun, dan menjadikan negara ini terlihat gelap serta dingin yang tinggi.

Kabut dingin yang menyelimuti negara Peru, membuat jalan-jalan lima menjadi basah serta membuat tumbuhan yang mengalami kekeringan hidup kembali.

Sejak tahun 1990-an orang-orang disana menggunakan pengumpul kabut-jaring polipropilena besar, tempat kabut berkondensasi, untuk mengumpulkan air dari awan yang menggantu rendah, untuk diminum dan di masak.

223519_pantai-di-peru-_663_382

Lalu, bagaimana penduduk Peru bertahan hidup?

Meskipun jarang terjadinya hujan, namun masyarakat Peru membangun sistem irigasi yang cukup canggih, Berbagai proyek irigasi di pesisirPeru modern menyediakan air yang banyak untuk memenuhi kebutuhan untuk menanam sayur, kapas, padi, jagung, tebu, anggur, zaitun, dan buah-buahan. Kini ada sebanyak 27 juta orang yang tingga di tepi pesisir Peru.

Tapi, yang uniknya lagi, jika waktu hujan turun di negara Peru ini, penduduk akan kesulitan untuk menghadapinya, karena hujan yang turun sangat deras bahka disertai dengan banjir yang cukup tinggi. Namun, setelah hujan reda, banjir pun akan segera turun diserap oleh gurun pasir sehingga membuat tanaman tumbuh hijau menghiasi negara Peru.

 

More From: Aneh Unik