5 Cara Masak Yang Tidak Sehat Ini Sering Dilakukan


masak

Palingseru.com – Kebanyakan orang akan menganggap bahwa makanan yang sehat merupakan makanan yang memiliki kualitas baik. Namun, sebenarnya tidak semua makanan yang berkualitas baik itu merupakan makanan yang sehat.

Makanan sehat juga bisa di dapat dari kualitas makanan yang baik, namun makanan sehat juga dapat makanan yang tidak sehat jika di masak dengan cara yang tidak sehat.

Masih banyak ibu orang-orang yang memasak makanan dengan cara yang tidak sehat. Hal ini dikarena kurangnya pengetahuan tentang cara masak yang baik dan benar.

oleh karena ini kami akan membahas tentang cara masak yang tidak sehat dan sering dilakukan oleh ibu-ibu rumah tangga.

Seperti dilansir Merdeka.com, inilah dia ke lima cara masak yang tidak baik dan sehat.

1. Menggoreng dalam minyak yang terlalu panas

Menurut sebagian orang memasak dengan menggunakan minyak panas akan membuat masakan mereka cepat matang. Namun, sebenarnya menggoreng makanan dengan minyak yang terlalu panas akan membuat masakan mengandung minyak jenuh dan kolesterol yang tinggi.

Seperti kita ketahui, minyak jenuh dapat menyebabkan penyakit kanker, kolesterol yang tinggi dapat merusak kesehatan tubuh. Oleh karena itu, kamu harus menghindari cara masak yang seperti ini.

2. Menggunakan arang

Biasanya seseorang akan menggunakan arang untuk memanggang daging atau makanan lainnya. Mungkin makanan yang dipanggang dengan arang akan terasa lebih nikmat, namun harus kamu ketahui bahwa memanggang dengan menggunakan arang dapat menyebabkan penyakit jantung dalam janga pa**ang.

Sedangkan asap yang dihasilkan dapat menyebabkan masalah pernapasan. Untuk itu, kamu harus menghindari cara masak yang satu ini, kamu bisa menggunakan alat panggang listrik yang lebi aman.

3. Menggunakan plastik dalam microwave

Wadah plastik mengandung zat-zat yang berbahaya untuk tubuh, jika terkena panas zat berbahaya tersebut akan terurai dan tercampur dengan makanan. Jika kamu memasak dengan microwave maka kamu harus menghindari menggunakan wadah plastik, agar kamu akan terhindar dari berbagai penyakit.

4. Mencuci sayuran

Biasanya para ibu-ibu rumah tangga memiliki kebiasaan kecil yang dapat menyebabkan masalah besar yaitu mencuci sayuran. Mencuci sayuran memang harus dilakukan agar sayur bersih dan sehat. Tapi yang sering dilakukan ibu-ibu adalah mencuci sayuran saat setelah di potong. Sayuran yang sudah di potong sebenarnya tidak boleh di cuci, seharusnya mencuci sayuran yang baik adalah saat masih utuh atau belum di potong. Jadi, hindari cara masak seperti ini.

5. Menggoreng di teflon

Sama halnya dengan menggoreng pada minyak  yang panas, menggoreng di teflon juga bisa membuat makanan mengandung minyak jenuh yang banyak serta kolesterol yang tinggi. Oleh karena itu, kamu harus benar-benar memperhatikan cara masak makanan yang digoreng, atau kamu cukup mengurangi konsumsi makanan bergoreng.

Nah, pada pembahasan kali ini kita sudah mendapat ilmu pengetahuan mengenai cara memasak yang baik. Kami berharap agar-ibu-ibu rumah tangga untuk menerapkan cara masak yang baik, agar keluarga tetap sehat dan terhindar dari penyakit yang tidak di inginkan.

 


Like it? Share with your friends!