5 Ciri Penyakit Akibat Kurang Makan Pisang


oisnasdhgh

Palingseru.com – Pisang diketahui mengandung berbagai zat bergizi yangg sangat baik untuk kesehatan tubuh, salah satunya adalah kalium atau potasium.

Kalium atau potasium merupakan mineral yang sangat penting untuk banyak fungsi tubuh manusia, seperti kalium sangat efektif untuk membuat semua sel, jaringan dan seluruh organ penting dalam tubuh manusia dapat berfungsi dengan baik. Selain itu Kalium juga sangat penting untuk fungsiĀ  jantung dan juga menjaga fungsi otot dan pencernaan yang normal.

Menurut ahli gizi, Janet Brill Ph.D.,RD mengatakan bahwa seseorang harus mengonsumsi makanan yang mengandung kalium setiap harinya sebanyak 4.700 mg per hari. Sedangkan kalium banyak ditemukan dari pisang, melon. alpukat dan kacang putih.

Jika seseorang kekurangan kalium di dalam tubuhnya, maka hal itu akan menyebabkan berbagai masalah kesehatan yang juga akan berakibat fatal. Oleh karena itu, pentingnya kamu untuk mengetahui jumlah kalium di dalam tubuh kamu, kelebihan atau mungkin kekurangan.

Tapi, itu semua harus diperiksakan ke dokter barulah kamu bisa mengetahuinya. Namun, jika kamu kekurangan kalium, kamu bisa mengetahuinya dari beberapa ciri atau tanda yang akan kita bahas kali ini.

Nah, seperti dilansir Health.liputan6.com, inilah dia ke lima ciri atau tanda penyakit yang disebabkan oleh kekurangan kalium.

1. Sakit kepala

Seseorang yang kekurangan kalium di dalam tubuhnya akan sering mengalami sakit kepala. Kalium merupakan mineral penting yang dibutuhkan oleh tubuh, yang berfungsi untuk beberapa organ vitas seperti otak, jantung, ginjal, dan jug sistem otot. Oleh karena itu, pentingnya untuk mengonsumsi makanan yang mengandung kalium yang banyak.

2. Sulit tidur

Seseorang yang kesulitan untuk tidur bisa jadi disebabkan oleh beberapa faktor, salah satunya adalah kekurangan kalium di dalam tubuh. Jadi, jika kamu mengalami kesulitan untuk tidur, kamu bisa mengonsumsi makanan yang mengandung kalium hanya untuk berjaga-jaga agar tubuh tidak kekurangan kalium.

3. Saraf terasa nyeri

Kalium berfungsi untuk menjaga agara saraf di dalam tubuh kamu tetap sehat. Tapi, jika kamu kekurangan kalium, saraf kamu akan terasa seperti tertusuk-tusuk sehingga menyebabkan rasa nyeri yang cukup menyakitkan.

4. Jantung berdegup kencang

Jika jantung berdegup kencang bisa saja disebabkan oleh banyak faktor, seperti grogi, ketakutan dan masih banyak lagi. Tapi, ada yang lebih parah yang menjadi penyebab jantung berdegup kencang, yaitu kekurangan kalium. Kalium diketahui membantu fungsi jantung, sehingga saat tubuh kekurangan kalium, jantung akan berdegup kencang secara tiba-tiba, tanpa ada alasan apa pun.

5. Otot lemas

Fungsi kalium di dalam tubuh memang banyak sekali, salah satunya adalah kontraksi otot. Jika tubuh kekurangan kalium, maka otot akan terasa lemas, dan dapat membuat seseorang menjadi kejang-kejang.

Nah, itulah dia ke lima ciri atau tanda penyakit akibat kekurangan kalium. Kekurangan kalium didalam tubuh dapat berakibat fatal untuk tubuh sendiri, karena mengingat fungsi kalium yang begitu banyak untuk organ-organ vital di dalam tubuh. Penyakit kekurangan kalium ini sendiri pernah dialami oleh artis Indonesia yaitu Cinta Penelope.

 

 

More From: Sehat