5 Penyebab Telinga Kamu Rusak


tlinga

Palingseru.com – Telinga merupakan salah satu alat indera pendengaran yang dapat membantu manusia untuk saling berinteraksi dengan orang lain. Selain manfaatnya untuk mendengar, telinga ini juga memiliki beberapa organ di dalamnya.

Dan jika salah satu organ yang ada di dalam telinga ini mengalami sedikit masalah, maka organ yang lainnya juga akan ikut bermasalah. Karena organ yang ada di dalam telinga ini saling berhubungan mulai dari telinga bagian luar, telinga tengah, dan telinga dalam.

Namun terkadang , sesorang tidak menyadari bahwa ada beberapa hal yang dapat membuat telinga menjadi rusak. Bahkan, hal – hal tersebut sering dilakukan tanpa menyadari resiko kedepannya dapat menyebabkan telinga kamu menjadi rusak.

Nah, seperti yang dilansir dari Vivalife , inilah dia 5 penyebab telinga kamu rusak :

1. Tindik telinga

Saat ini banyak sekali para remaja baik wanita maupun pria yang menggunakan perhiasan lebih dari satu anting – anting di telinganya. Ini biasanya di sebut dengan tindik telinga. Tindik telinga ini memang menjadi suatu alasan bagi mereka yang ingin merubah penampilan menjadi lebih berbeda , namun sebenarnya hal ini tidaklah baik untuk dilakukan. Sebab, tindik telinga ini dapat menyebabkan telinga kamu menjadi rusak akibat tindikan di bagian keras daun telinga dapat menyebabkan infeksi serius . Sehingga akan timbul bercak kemerahan di bagian luar daun telinga kamu.

2. Olahraga Kasar

Olahraga kasar seperti gulat ini memang dapat menguji kekuatan dalam membela diri seseorang. Namun, olahraga kasar ini sebenarnya tidak baik untuk dilakukan karena akibat pukulan yang bisa jadi mengenai bagian telinga ini dapat mneyebabkan auricular hematoma, atau  kuping belang (cauliflower ear) mengalami infeksi sehingga akan membuat telinga kamu menjadi bengak dan lebam.

3. Cotton bud

Dalam membersihkan bagian dalam telinga, Cutton bud merupakan salah satu alat yang sering digunakan. Namun, pemakaian cutton bud ini juga harus lebih berhati – hati. Sebab,  penggunaan cotton bud  yang terlalu sering dapat membuat gendang telinga menjadi rusak dan menimbulkan infeksi pada telinga kamu. Untuk itu, usahakan jangan terlalu sering memakainya. Minimal 1 minggu sekali sudah cukup.

4. Penggunaan Obat Tetes

Penggunaan obat tetes yang biasanya sering dipakai saat mengalami sakit radang telinga ini memang merupakan salah satu alternatif paling mudah. Namun, jangan kamu juga tidak boleh sembarangan dalam pemakaiannya. Cairan yang masuk kedalam telinga ini juga dapat membahayakan gendang telinga kamu. Apalagi pemakaian obat tetes telinga yang tidak mengikuti anjuran dokter dapat membahayakan masalah yang cukup serius seperti tuli permanen.

5. Menyelam

Kegitan menyelam ini memang sangat rawan bagi kesehatan telinga kamu. Terkadang saat menyelam, secara tiba – tiba air masuk kedalam telinga yang membuat telinga akan mengalami masalah pendengaran yang tidak baik akibat tersumbatnya gendang telinga oleh air. Untuk itu, berhati – hatilah ketika kamu ingin melakukan aktivitas menyelam.

Nah, itulah dia kelima penyebab telinga kamu menjadi rusak. Selain menghindari kelima hal tersebut, kamu juga perlu menjaga secara rutin kesehatan telinga agar mendapatkan kualitas pendengaran yang baik.

More From: Sehat