5 Penyebab Yang Membuat Payudara Kamu Menjadi Sakit


payudara sakit

Palingseru.com – Payudara merupakan salah satu bagian tubuh wanita yang dianggapa paling penting dan sangat berharga. Karena bagi wanita keindahan tubuhnya terdapat di payudaranya. Memang bukan rahasia lagi jika para pria sangat suka dengan payudara wanita, sehingga hal itu membuat para wanita terdorong untuk lebih menjaga serta merawat payudaranya dengan baik-baik.

Namun, tanpa wanita sadari biasanya ia sering mengalami rasa sakit di sekitar payudara yang mereka anggap merupakan rasa nyeri yang biasa seperti saat ingin menstruasi.

Tapi, tahukah kamu rasa nyeri pada payudara wanita tidak hanya menjadi tanda datangnya menstruasi, tapi juga bisa merupakan tanda suatu penyakit.

Nah, kamu harus selalu mewaspadai jika payudara kamu terasa nyeri atau bahkan perih dan gatal di saat hari-hari biasanya. Bisa jadi itu merupakan tanda suatu penyakit yang tidak kamu ketahui.

Untuk itu, para wanita harus mengetahui apa penyebab rasa nyeri di payudara tersebut. Seperti yang akan kita bahas kali ini, ada beberapa yang menjadi penyebab payudara kamu terasa nyeri atau sakit, seperti dilansir m.infospesial.net

1. Kista Payudara

Tak hanya rasa nyeri yang di akibatkan dari kista payudara ini, tetapi juga ada benjolan yang berisis cairan di area payudara. Nah, kista payudara ini bisa berbahaya dan juga bisa tidak berbahaya, namun kamu tetap harus memeriksakan ke dokter agar tidak terjadi sesuatu hal yang tidak di inginkan. Biasanya kista payudara ini dialami oleh wanita yang telah berusia 35-50 tahun.

2. CostoChondritis

Penyakit yang satu ini merupakan jenis peradangan yang terjadi pada area antara tulang rusuk dan tulang dada. Namun, rasa nyerinya bisa terasa di sekitar payudara. Rasa nyeri tersebut sangat beragam, bisa rasa nyeri yang sedang dan hingga yang berat.

3. Fibrocystic

Fibrocystic merupakan perubahan bentuk payudara sehinga menyebabkan rasa nyeri di sekitar payudara. Peubahan ini biasa dialami oleh banyak wanita karena payudara beruah menjadi semakin besar. Oleh karena itu kamu tidak perlu khawatir, karena Fibrocystic ini tidak berbahay.

4. Penyimpanan air

Tanpa kita sadari bahwa payudara juga mengalami penyimpanan air yang sampai saat ini masih menjadi penelitian para ahli. Namun, telah terbukti bahwa payudara memang menyimpan air yang cukup banyak, sehingga dapat menimbulkan rasa nyeri pada payudara. Namun, hal ini tidak berbahaya, karena hal ini biasa terjadi.

5. Herpes Zoster

Penyakit yang satu ini cukup berbahaya, biasanya di tandai dengan rasa nyeri yang begitu hebat di sekitar payudara, dan akan disusul dengan rasa perih seperti terbakar dan juga rasa gatal. Jika kamu mengalami tanda seperti ini sebaiknya segera pergi periksa ke dokter.

Nah, itulah dia ke lima penyebab rasa nyeri pada payudara, jika kamu mengalami salah satu penyebab di atas. segera periksa ke dokter, agar dapat diketahui dengan pasti apa penyebabnya.

baca juga: Seputar Payudara yang Bikin Cemas Perempuan

7 Akibat Buruk Menggunakan Bra Terlalu Ketat

More From: Sehat