Waspada, Tsunami Chile Sampai Indonesia pada Kamis Pagi


Gempa Chile

Palingseru.com – Gempa bumi besar di Pantai Utara Chile, Rabu pagi berpotensi menimbulkan tsunami disekitar negara Chilie dan parahnya ternyata tsunami ini juga akan sampai ke Negara Indonesia pada kamis pagi besok.

Chile pada Rabu pagi tadi di Landa gempa besar berkekuatan 8 SR, lokasi gempa sendiri berada di kedalaman 10 km di Pantai Utara Chile, akibat gempa ini menimbulkan tsunmi dengan ketinggian 1,92 meter di wilayah pesisir Chile, Peru, Ekuador, Kolombia, Panama, Kosta Rika, dan Nikaragua. Akibat bencana ini telah menimbulkan korban Jiwa dan kerusakan yang sangat parah.

Tidak hanya wilayah Amrika Latin saja yang akan terkena Tsunami ternyata beberapa wilayah di Indonesia juga akan terkena imbas tsunami yang terjadi di Chile.

“Indonesia Tsunami Early Warning Center (InaTEWS) di BMKG telah mengeluarkan peringatan dini tsunami yang akan melanda beberapa wilayah di Indonesia,” kata Sutopo seperti di kuip dari viva.co.id.

Wilayah yang berpotensi terkena Tsunami Chile antara lain Provinsi Papua seperti Kota Jayapura, Jayapura, Sarmi, Waropen, Biak Numfor, danĀ  Supiori. Kemudian Maluku Utara, Maluku, Papua Barat, Banten, Jatim, DIY, Jateng, Jabar, Lampung, NTB, NTT, Bali, Sulawesi, dan Kaltim.

Kemungkinan besar Tsunami ini akan datang pada Kamis 3 April pukul 05.11 WIB hingga 19.44, bagi warga yang berada di wilayah ini ada baiknya berwaspada dengan musibah tsunami tersebut.

BNPB pun telah mentapkan status siaga pada derah yang berpotensi terkena tsunami Chile tersebut.

baca juga: 5 Gempa dan Tsunami Paling Mengerikan di Dunia

baca juga: 10 Gempa Terdasyat Yang Pernah Terjadi di Indonesia

More From: Berita Menarik