7 Zat Kimia Berbahaya Ini Sering Ada di Makanan Yang Kamu Makan


maka

Palingseru.com – Semakin berkembangnya zaman, semakin banyak jenis makanan yang bermunculan di pasaran untuk di jual ke masyarakat. Berbagai jenis makanan yang sudah di kemas di jual di pasaran.

Untuk menarik pembeli, biasanya makanan tersebut di buat dengan bentuk, warna atau pun bau yang sedap dan menarik supaya pembeli tertarik untuk membelinya.

Tak hanya itu, mereka juga menggunakan cara cepat saji yang paling banyak di sukai oleh orang-orang. Alasannya mereka tak ingin repot-repot mengolahnya, sehingga banyak orang yang memlilih untuk membeli makanan dalam bentuk kemasan yang bisa langsung di makan atau pun di masak sebentar.

Namun, tahukah kamu, bahwa makanan kemasan seperti yang banyak dijual di pasaran mengandung banyak bahan kimia yang sangat berbahaya untuk kesehatan?

Oleh karena itu, kamu harus berhati-hati saat membeli makanan, kamu bisa melihat komposisinya terlebih dahulu. Karena ada beberapa bahan kimia yang sangat berbahaya untuk kesehatan tubuh.

Lalu, bahan kimia apa saja yang berbahaya terdapat dalam makanan? Yuk, langsung saja kita simak yang berikut ini, seperti dilansir Merdeka.com.

1. Arsenik

Arsenik merupakan zat kimia yang berbahaya dan sering ada di dalam makanan dan minuman yang berbentuk kemasan. Arsenik ini ditemukan dalam air serapan tanah, yang jika di konsumsi dalam jumlah banyak akan dapat menyebabkan penyakit kanker dalam jangka panjang.

2. Pewarna buatan

Pewarna buatan memiliki dua jenis, yaitu pewarna khusus untuk makanan, dan pewarna yang bukan untuk makanan, atau pewarna tekstil. Nah, yang berbahaya itu bukan pewarna untuk makanan tetapi pewarna tekstil yang sering digunakan orang-orang untuk memberi warna pada makanan mereka. Hal ini dilakukan karena pewarna tekstil jauh lebih murah dibanding dengan pewarna makanan.

3. Pemanis buatan

Pemanis buatan bukanlah merupakan gula, tetapi pemanis buatan yang sering di jual di toko-toko dalam kemasan, seperti sari manis. Nah, pemanis buatan ini sangat berbahaya untuk kesehatan, karena mengandung berbagai zat berbahaya seperti aspartame, sucralose, saccharin, dan acesulfame potassium.

4. BHA

BHA merupakan singkatan dari Butylated Hydroxyanisole yaitu zat kimia yang biasanya di gunakan untuk menstabilkan rasa makanan dan juga untuk membuat makanan lebih awet. Zat kimia ini sangat berbahaya untuk kesehatan, karena dalam jangka panjang bisa menyebabkan kanker.

5. Nitrat

Nitrat merupakan zat kimia yang digunakan untuk memberi rasa gurih pada ikan dan daging dan juga dapat mengawetkan makanan tersebut. Zat ini biasanya terdapat dalam makanan dalam kemasan kaleng. Nitrat ini sangat berbahaya bagi kesehatan, karena dapat menyebabkan penyakit diabetes tipe 2 dan juga penyakit jantung. Oleh karena itu, ada baiknya untuk berhati-hati jika ingin membeli makanan kaleng yang di jual di pasaran

6. Merkuri

Merkuri salah satu zat kimia berbahaya yang sering ada dalam makanan kemasan. Merkuri ini biasanya sering terbawa oleh ikan yang dikatakan banyak mengandung  nutrisi dan omega-3. Merkuri ini sangat berbahaya bagi kesehatan tubuh jika di konsumsi secara terus menerus.

7. BPA

BPA merupakan singkatan dari Bisphenol A yang sangat berbahay bagi kesehatan tubuh. BPA ini sering terkandung dalam bahan kemasan makanan, seperti plastik yang dapat bercampur dengan makanan, jika makanan tersebut di panaskan. BPA ini bisa menyebabkan penyakit kanker jika di konsumsi secara terus-menerus dalam jangka panjang.

Nah, itulah dia ke lima zat kimia berbahaya yang terkandung di dalam makanan. Untuk itu, kita harus berhati-hati saat membeli makanan.

 


Like it? Share with your friends!