5 Hal Ini Bisa Bikin Kamu Jadi Cepat Pikun


jdh

Palingseru.com – Pikun atau menurunnya daya ingat biasanya dialami oleh orang-orang yang sudah lanjut usia atau sudah tua. Tapi, jangan salah, pikun juga bisa di derita oleh anak remaja atau dewasa lho.

Saat ini, pikun bukan merupakan penyakit pada orang lanjut usia lagi, tapi sudah bisa menyerang anak muda dan dewasa. Pikun di usia muda bukan merupakan hal yang wajar, hal ini merupakan suatu keadaan yang tidak normal, dan tidak baik untuk di derita oleh anak remaja atau pun dewasa.

Hal ini pastinya akan sangat mengkhawatirkan anak muda bukan? Bagaimana tidak, daya ingat yang menurun akan menganggu aktivitas mereka sehari-hari, apa lagi yang masih duduk di bangku sekolah, mereka akan susah mengingat pelajaran yang sudah mereka pelajari.

Pikun di usia muda ini ternyata dapat di sebabkan oleh beberapa faktor lho.Beberapa faktor tersebut membuat daya ingat  anak muda menjadi menurun, sehingga informasi yang sudah di terima memori otak akan hilang begitu saja.

Nah, mau tau apa saja yang menyebabkan anak muda menjadi mudah pikun? Yuk, langsung saja kita simak yang berikut ini, seperti dilansir Merdeka.com.

1. Depresi

Depresi merupakan salah satu penyebab seseorang memiliki ingatan yang buruk atau pikun. Saat seseorang merasa depresi, ia akan sangat sulit sekali berkonsentrasi. Nah, konsentrasi yang rendah akan membuat daya ingat otak mudah menurun, sehingga menyebabkan anak muda bisa menjadi cepat pikun. Menurut hasil penelitian, seseorang yang sangat sering merasa depresi akan mengalami kepikuan yang lebih cepat.

2. Masalah emosi

Penyebab yang kedua, adalah masalah emosi seperti seseorang yang tidak bisa mengungkapkan rasa amarahnya terhadap orang yang membuatnya emosi. Seseorang yang sering memendam perasaan, seperti rasa takut, marah, dan perasaan negatif, akan membuat orang tersebut mengalami penurunan daya ingat, sehingga orang tersebut akan mudah menjadi pikun.

3. Obat

Obat-obatan yang terlarang merupakan salah satu penyebab menurunnya daya ingat seseorang. Salah satu obat terlarang yang sangat mudah untuk merusak ingatan seseorang adalah obat terlarang ekstasi yang diketahui sebagai obat terburuk yang bisa merusak memori otak. Seseorang yang sering mengonsumsi obat terlarang dapat dengan mudah merusak daya ingatnya.

4. Mengonsumsi a*****l

A*****l memang diketahui sangat buruk untuk kesehatan, terutama untuk daya ingat otak. Seseorang yang sering mengonsumsi a*****l dalam jumlah yang banyak dan dalam waktu yang lama akan dapat merusak daya ingat otaknya. A*****l tak hanya buruk untuk jantung dan liver, tapi juga dapat membuat seseorang menjadi pikun.

5. Kurang tidur

Kurang tidur tidak hanya dapat menganggu kesehatan, tetapi juga akan membuat seseorang mudah pikun atau lupa. Tidur bukan hanya merupakan waktu istirahat untuk tubuh, tapi juga untuk otak. Saat tidur, otak akan melakukan fungsi-fungsinya seperti pembentukan ingatan dan kemampuan kognitif. Jika seseorang kurang tidur, maka otak tidak memiliki waktu yang cukup untuk melakukan fungsi-fungsinya, sehingga akan dapat merusak memori otak seseorang.

Nah, itulah dia ke lima faktor yang menyebabkan anak mudah jadi lebih cepat pikun.

 


Like it? Share with your friends!