Luar Biasa Indah, Sumber Air Panas Ini Berwarna Seperti Pelangi


the-grand-prismatic-spring-sumber-air-panas-berwarna-pelangi-rev-1

Palingseru.com – Bumi memang memiliki sejuta keindahan. Begitu banyak keindahan alam yang ada di bumi ini, salah satunya adalah sumber air panas yang berwarna seperti pelangi ini, yaitu merah, orange, kuning, hijau, dan biru. Kolam air panas yang memliki warna seperti warna pelangi ini terletak di Wyoming, Amerika Serikat. Kolam ini merupakan bagian dari Yellowstone National Park, Wyoming.

Kolam air panas berwarna pelangi ini disebut dengan The Grand Prismatic Spring, yang diambil sesuai dengan warnanya yang seperti warna pelangi. Jika kamu lihat dari atas, The Grand Prismatic Spring ini sangat indah sekali bukan? Bukan indah lagi, tapi sangat menakjubkan.

Kolam air panas ini memiliki luas sekitar 250 sampai 300 kaki, dan memiliki kedalaman mencapi 160 kaki. Air di kolam ini sangat panas, bahkan bukan panas lagi, airnya sudah sampai mendidih. Hal ini dikarenakan panas yang bersumber dari  ventil**i bawah tanah  yang merupakan bagian dari saluran vulkanik Yellowstone.

The Grand Prismatic Spring ini merupakan sumber air panas terbesar ke tiga di dunia setelah Frying Pan Lake  di Selandia Baru dan Boiling Lake di Dominika. Menurut sejarah, kolam air panas ini pertama kali ditemukan oleh para penjajah  Eropa pada tahun 1839.

grand-prismatic-hot-spring-wyoming-001-tantri-setyorini

Nah, pastinya kamu semua pada bertanya-tanya dari mana warna di kolam tersebut berasal. Ya, pertanyaan yang sangat tepat. Warna dari kolam tersebut berasal dari bakteri tertentu yang tubuhnya bisa mengeluarkan pigmen warna.

Bakteri tersebut membentuk lapisan mikrobial di sekeliling kolam, yang berwarna merah itu lho. Kalau yang berwarna kuning dan hijau tersebut juga dihasilkan oleh bakteri itu sendiri, karena selain dapat mengahasilka warna merah bakteri tersebut juga dapat menghasilkan warna kuning dan hijau.

Bakteri tersebut juga bisa berubah warna lagi, sesuai dengan musim di kolam tersebut. Jika saat musim panas kolam tersebut akan berwarna merah seperti di gambar. Namun, jika di musim dingin kolam tersebut akan berwarna hijau tua.

grand-prismatic-hot-spring-wyoming-002-tantri-setyorini

Lalu, bagaiman dengan warna birunya?

Warna yang berada tepatnya di tengah kolam ini bukan berasal dari bakteri lho. Melainkan berasal dari air danau yang sangat jernih tersebut. Sehingga air yang jernih itu mampu menyerap dan memantulkan  warna biru dari spektrum warna di atmosfer.

Tapi jangan pernah berpikir jika air tersebut seutuhnya berwarna merah, kuning dan hijau. Warnw tersebut hanya ada di atas permukaan danau saja, sedangkan di dalam airnya tetap berwarna putih jernih. Hal ini dikarenakan suhu di tengah air danau itu sangat tinggi sehingga bakteri tidak bisa hidup di dalamnya.

Begitu juga dengan manusia. Manusia tidak akan bisa dekat-dekat apa lagi sampia berenang di danau ini, karena suhu danau ini sangat tinggi, kamu tidak akan bisa bertahan lama jika berada di dekatnya.  Kamu hanya bisa melihat danau ini dari jauh saja.

Bagiman? Tertarik untuk mengunjungi tempat wisata ini?

 


Like it? Share with your friends!